Rabu 12 Jan 2022 01:12 WIB

Milenial Dominasi Donatur ZIS 2021, ini Alasannya

Kaum milenial mendominasi sebagai donatur dalam ZIS 2021.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Pertumbuhan Zakat Digital Meningkat di Masa Pandemi. Foto ilustrasi.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pertumbuhan Zakat Digital Meningkat di Masa Pandemi. Foto ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kaum milenial mendominasi sebagai donatur dalam pengumpulan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) pada 2021. Kemudahan donasi melalui kanal digital dinilai mendorong kaum milenial semangat berzakat.

"Saya kira ini berbanding lurus dengan penguatan pengumpulan Baznas di kanal digital yang naik 51 persen di 2021 ini memudahkan kaum muda untuk berdonasi," kata Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI Bidang Penghimpunan Rizaludin Kurniawan M.Sipada Selasa (11/1).

Baca Juga

Baznas melaporkan tren berzakat pada 2021 didominasi kaum millenial dengan rentang usia 25-44 tahun. Bahkan, jumlahnya mencapai 70 persen dari total hasil pengumpulan zakat, infak, dan sedekah pada 2021. 

"Kedua, tingkat kemandirian ekonomi kaum muda saat ini meningkat. Ketiga, sikap peduli mereka dengan lingkungan menjadikan mereka pahlawan," ucap Rizal.

Adapun layanan kemudahan pembayaran di antaranya melalui puluhan kanal digital, termasuk website baznas.go.id naik 51 persen dari tahun lalu menjadi sebesar Rp136,99 Miliar. Perolehan ini menunjukkan banyaknya milenial yang mempercayakan zakatnya melalui Baznas.

"Akan kita tingkatkan di 2022, Baznas akan lebih merangkul bukan saja mereka sebagai donatur tapi sebagai relawan juga," kata Rizal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement