Kamis 13 Jan 2022 06:15 WIB

Soal Hak Waris Jangan Anggap Remeh, Mengapa?

Allah SWT telah menurunkan ketentuan-Nya soal hak waris.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Harta Warisan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Harta Warisan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT telah menurunkan ketentuan-Nya serta mewajibkan umat Islam untuk membagi warisan sesuai dengan ketentuan. Dan bagi mereka yang dengan sengaja melanggar dan tidak mengindahkan ketentuan Allah ini, maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka. 

Ancaman bagi yang mengabaikan pembagian waris dapat dilihat di dalam Alquran Surah An-Nisa ayat 14, Allah berfirman, "Wa man ya'shillaha wa Rasulahu wa yata'adda hududahu yudkhilhu naaran khaalidan fiha wa lahu adzabun muhinun,". 

Baca Juga

Yang artinya, "Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya (hukum waris), niscaya Allag memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya: dan baginya siksa yang menghinakan,". 

Ustaz Ahmad Sarwat dalam buku Mengapa Kita Wajib Belajar Ilmu Waris menjelaskan bahwa di ayat tersebut Allah SWT telah menyebutkan bahwa pembagian warisan adamah bagian dari hudud, yakni sebuah ketetapan yang bila dilanggar akan melahirkan dosa besar. Bahkan di akhirat nanti pelakunya akan diancam dengan siksa api neraka. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement