Sentra Industri Jamu Gendong Sleman Bisa Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Kesehatan

Ahad , 16 Jan 2022, 17:34 WIB Reporter :Wahyu Suryana/ Redaktur : Agung Sasongko
Jamu (ilustrasi)
Jamu (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  SLEMAN -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melakukan kunjungan ke sentra industri jamu gendong di Sleman. Kunjungan itu diterima Bupati Sleman, Kustini Purnomo dan Kadispar DIY, Singgih Raharjo.

 

Terkait

Sentra industri jamu gendong tersebut berlokasi di Padukuhan Gesikan, Kalurahan Merdikorejo, Kapanewon Tempel. Sandi sempat pula mencicipi jamu gendong produksi masyarakat Padukuhan Gesikan, yang disebutnya enak dan bisa menghangatkan tubuh.

Baca Juga

Maka itu, ia berpendapat, sentra industri jamu gendong tersebut perlu didukung dan dipromosikan untuk meningkatkan destinasi wisata. Terlebih, Sandi menilai, industri jamu gendong bisa meningkatkan wisata kesehatan atau wellness tourism.

Sandi berpendapat, sentra-sentra industri jamu gendong seperti itu bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk travel pattern atau pola perjalanan. Termasuk, dalam rangka pengembangan destinasi super prioritas yang ada di Borobudur.

"Saya diberitahu ada 30 perajin jamu gendong disini. Mungkin bisa disampaikan, sehingga kita bisa mulai bekerja agar melakukan pematangan untuk destinasi ini apa yang diperlukan," kata Sandi saat berdialog dengan pengrajin jamu gendong, Jumat (14/1).

Padukuhan Gesikan sendiri diresmikan sebagai sentra industri jamu gendong pada 2018 lalu. Sedangkan, sentra jamu di Padukuhan Gesikan sudah ada sejak 2004, dan difasilitasi dan didampingi lewat program-program pengembangan sentra industri.