Senin 24 Jan 2022 20:45 WIB

DMI: Pemberantasan Buta Huruf Alquran Sangat Penting

Pemberantasan buta huruf Alquran adalah program yang sangat penting.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Ia menegaskan, maka gerakan memberikan literasi Alquran dan pemberantasan buta huruf Alquran itu sangat diperlukan. Gerakan ini juga dilakukan secara terstruktur dan sistematis oleh Yayasan Indonesia Mengaji. Tentu DMI juga menyambut baik gerakan ini.

Menurut Wakil Rektor I Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) ini, ada teknologi yang seharusnya menjadi fsilitas tapi malah menjadi penghambat, yaitu gadget (gawai). Banyaknya anak-anak dan generasi muda yang menguasai teknologi semacam gadget.

"Harusnya gadget bisa memberi fasilitas, tapi yang lebih menyedot perhatian generasi milenial adalah arah milenial kosmopolitan dan budaya pop, seperti musik, drama korea dan lain-lain," jelas Imam.

Menurutnya, gerakan Indoneisia Mengaji berbasis masjid dan mengembalikan generasi milenial ke masjid adalah upaya yang produktif. DMI juga akan mengembangkan program yang lebih memberikan insentif kepada anak-anak muda.

Imam menambahkan, DMI juga akan menggiatkan program yang bersifat pemberdayaan dunia milenial khususnya. Supaya dunia mereka lebih kreatif dan menunjang profesionalisme mereka.

Menurutnya, bisa dibuat kajian yang berdampak pada kehidupan profesional generasi muda di masjid. "Itu saya kira perlu diselingi program mengaji, juga diselengi prorgram yang lebih menarik lagi, jadi di masjid diperlukan program Indonesia mengaji dan program vokasi untuk memperkuat program vokasi di sekolah formal," kata Imam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement