Senin 31 Jan 2022 22:00 WIB

Godaan Iblis dalam Perkara Thahara

Ada banyak cara dilakukan iblis guna menggoda manusia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berwudhu
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
Ilustrasi Berwudhu

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara dilakukan iblis guna menggoda manusia. Salah satunya melalui perkara thaharah (bersuci dari hadas dan najis).

Dikutip dari buku Talbis Iblis karya Ibnul Jauzi dengan pentahqiq Syaikh Ali Hasan al-Halabi, Salah satu tipu daya Iblis dalam hal ini adalah talbisnya terkait pakaian yang mereka kenakan tatkala shalat. Anda dapati salah seorang dari mereka mencuci pakaiannya yang suci berkali-kali. Bahkan, pada saat pakaiannya tersentuh seorang muslim pun dia mencucinya. 

Baca Juga

Ada yang mencuci pakaiannya di Sungai Tigris karena menganggap tidak sah jika ia dicuci di rumah. Ada pula yang memasukkan pakaian pribadinya ke dalam sumur, seperti dilakukan orang-orang Yahudi. 

Sungguh para Sahabat tidak pernah berbuat semua itu. Malahan, mereka shalat dengan mengenakan pakaian Persia ketika menaklukkan negeri ini. Mereka juga menggunakan alat dan baju orang-orang Persia. 

Di antara mereka ada yang terjangkit penyakit waswas, sehingga mencuci seluruh bagian pakaiannya hanya karena terkena setetes air. Padahal, tindakan berlebihan itu boleh jadi menyebabkan dia terlambat dalam shalat berjamaah. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement