Kamis 03 Feb 2022 08:40 WIB

Ain Al-Harrah di Makkah Tawarkan Destinasi Wisata dan Terapi Air Panas

Ain Al-Harrah, yang merupakan salah satu destinasi wisata dan tempat terapi di Makkah

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Ruang sauna yang dibuat dari kayu di pemandian air panas Ain Al-Harrah di Makkah.
Foto:

Tempat ini dikelilingi oleh 20.000 meter persegi ruang hijau dan memiliki iklim yang sejuk dan alam yang indah. Adapun area pemandian air panas Ain Al-Harrah ini dikelilingi oleh 400 meter dinding beton yang dibangun untuk melindungi daerah cekungan dari hujan deras akibat kerusakan cuaca parah di masa lalu, yang sebelumnya menyebabkan runtuhnya sebuah bendungan.

Situs ini dilengkapi dengan ruang untuk berkemah (camping) dan meditasi. Taman ini juga berfungsi sebagai destinasi yang luar biasa bagi keluarga.

Area hijauhnya memiliki jaringan irigasi otomatis, penerangan, taman bermain anak-anak, payung kayu, toilet, dan jalur pejalan kaki. Air panas yang mengalir dari mata air ini mengandung mineral belerang terlarut dalam komposisinya, meluap dari tanah melalui bebatuan yang membentuk topografi desa tersebut.

Air mineral belerang dikenal karena efek terapeutik dan manfaatnya untuk berbagai bagian tubuh, termasuk alergi kulit, serta sumber penyembuhan alami untuk gangguan pernapasan dan muskuloskeletal.

Mandi atau bahkan minum air yang kaya mineral dipercaya membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dan kulit, seperti psoriasis dan eksim, masalah persendian, atau penyakit kronis. 

Fisioterapis Saudi Rahaf Meer mengatakan efek mata air panas tergantung pada panas dan kandungan mineral dari air tersebut. Menurutnya, air panas juga menyembuhkan nyeri sendi, di mana pasien akan merasa sangat lega setelah mandi di air seperti itu, yang kaya dengan elemen penyembuhan yang sangat bermanfaat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement