Rabu 09 Feb 2022 20:52 WIB

H Gusti Abdul Muis, Dai Inspiratif dari Borneo (I)

H Gusti Abdul Muis lahir di Samarinda, Kalimantan Timur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
(Ilustrasi) H Gusti Abdul Muis, Dai Inspiratif dari Borneo
Foto: pxhere
(Ilustrasi) H Gusti Abdul Muis, Dai Inspiratif dari Borneo

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia dan bahkan dunia. Sejak pertama kali berdiri pada 1912, persyarikatan tersebut kian meluaskan pengaruhnya. Perkembangan ormas itu tidak hanya terasa di Jawa, tetapi juga pulau-pulau besar lainnya.

Di Kalimantan, Muhammadiyah semakin kukuh pada era 1930-an. Salah seorang tokoh lokal yang tur ut membesarkannya ialah Haji Gusti Abdul Muis.Keturunan pahlawan nasional Pangeran Antasari itu aktif mendakwahkan ajaran Islam hingga akhir hayatnya.

Baca Juga

Mengutip keterangan dari buku 100 Tokoh Muhammadiyah yang Menginspirasi(2014), H Gusti Abdul Muis lahir di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 1919. Kedua orang tuanya bernama Haji Gusti Abdul Syukur dan Hajjah Mastora. Anak kedua dari 11 bersaudara itu tumbuh dalam lingkungan keluarga yang religius.

Ayah dan ibunya sangat mementingkan pendidikan. Karena itu, Abdul Muis sejak kecil dididik de ngan penuh disiplin. Dirinya menempuh pendidikan dasar di sekolah rakyat (volkschool) kota setempat. Setelah lulus pada 1931, pemuda ini meneruskan belajar di Madrasah Tsanawiyah asy- Syafi'iyah Samarinda selama dua tahun. Selanjutnya, ia menuntut ilmu di Madrasah Aliyah Darussalam Martapura hingga tahun 1936.

Selama beberapa tahun, Abdul Muis muda sempat mengamalkan ilmunya di Samarinda.Barulah pada 1938, ia mulai merantau ke luar Kalimantan. Jawa Timur menjadi tujuannya. Ia hendak meneruskan studinya ke Kulliyatul Muallimin Gontor, Ponorogo. Setelah itu, ia kemudian pindah ke pesantren tertua di Solo, Jawa Tengah, yakni Pondok Jamsaren Solo. Lembaga tersebut didirikan oleh KH Idris Jamsari pada 1750.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement