Rabu 16 Feb 2022 19:19 WIB

Ath-Thabari, Hidup dan Karyanya (I)

Sepanjang hidupnya, ath-Thabari memilih hidup secara zuhud.

Ilustrasi Ulama. Sepanjang hidupnya, ath-Thabari memilih hidup secara zuhud.
Foto: MgIt03
Ilustrasi Ulama. Sepanjang hidupnya, ath-Thabari memilih hidup secara zuhud.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Peradaban Islam mencapai fase keemasan tatkala Bani Abbasiyah mengambil peran kekhalifahan. Keadaan itu berlangsung setidaknya sejak medio abad kedua hingga pertengahan abad ketiga Hijriyah. Dalam rentang masa itu, Baghdad menjadi pusat keunggulan dunia. Di sanalah berkumpul para cendekiawan, ilmuwan, dan teknokrat yang terkemuka dari pelbagai penjuru bumi.

Dengan dukungan khalifah, mereka melakukan banyak aktivitas intelektual, seperti berdiskusi, penelitian, hingga penerjemahan teks-teks asing ke dalam bahasa Arab. Saat Harun al-Rasyid berkuasa, Perpustakaan Bait al-Hikmah menjadi sentra kegiatan kaum terpelajar itu. Bukan hanya sains dan pengetahuan umum, ilmu-ilmu keislaman pun tentunya marak dikaji oleh sebagian mereka.

Baca Juga

Salah satu disiplin keilmuan-agama yang berkembang pesat pada masa itu ialah tafsir Alquran. Membicarakan perihal perkembangannya itu tidak mungkin dilakukan tanpa menyertakan sejarah kehidupan Ibnu Jarir ath-Thabari. Sebab, dirinya berkontribusi besar, terutama dalam mendukung corak tafsir bil ma'tsur. Bahkan hingga kini, kitab tafsir yang disusunnya masih menjadi rujukan umat.

Nama lengkapnya ialah Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Amali ath-Thabari. Panggilan kehormatannya adalah Abu Ja'far. Sebutan itu tidak bisa dimaknai secara harfiah, yakni 'ayahnya Ja'far.' Sebab, ulama itu tidak pernah menikah hingga masa akhir hidupnya.

Ulama yang lahir pada tahun 224 Hijriyah itu berasal dari Amil, Thabaristan. Kampung halamannya itu terletak di Persia bagian utara, berbatasan langsung dengan Laut Kaspia. Karena itulah, dirinya populer dengan sebutan ath-Thabari, 'tokoh dari Negeri Thabaristan.'

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement