Rabu 23 Feb 2022 20:31 WIB

Uji Coba Jalur Cibatu-Garut Bakal Libatkan Warga

Rencana pengoperasian lintas Cibatu-Garut secara resmi masih belum bisa dipastikan.

Rep: Bayu Adji/ Red: Agung Sasongko
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).
Foto:

Sementara ini, uji coba baru direncanakan dilakukan selama satu hari. Namun, dalam satu hari itu akan ada dua kali perjalanan PP Cibatu-Garut.  "Uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari," kata Kuswardoyo

Ia menambahkan, para pengguna KA pada masa uji coba tersebut tetap diharuskan menyertakan bukti Vaksin minimal dosis pertama bagi yang berusia di atas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Sebelumnya, forum komunikasi daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut sudah melakukan uji coba kereta api dari Stasiun Garut ke Stasiun Pasar Senen pada Ahad (20/2/2022). Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku senang bisa kembali merasakan menggunakan kereta api dari Stasiun Garut. Baginya, uji coba itu juga sekaligus napak tilas.

"Saya adalah orang Wanaraja, ketika mau ke Garut tahun 70-an, saya biasa menggunakan kereta api. Dulu kereta api adalah jasa transportasi utama dari Cibatu ke Garut," kata dia. 

Ia menjelaskan, nantinya akan ada tiga pemberangkatan setiap harinya dari Stasiun Garut, yaitu relasi Garut-Pasar Senen, Garut-Padalarang, dan Garut -Purwakarta. Selain itu, akan ada kereta api kelas eksekutif relasi Garut-Gambir dengan jadwal dua kali dalam sepekan

 

"Tarif Stasiun Garut ke Pasar Senen hanya sekitar Rp 41 ribu," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement