JK: Ciri Haji Mabrur Selalu Menjaga Kedamaian

Selasa , 22 Mar 2022, 16:30 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
 Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, HM Jusuf Kalla
Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, HM Jusuf Kalla

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Jusuf Kalla (JK), menyampaikan selamat dan rasa syukur untuk IPHI yang berulang tahun ke-32. IPHI selama ini telah memberikan pengabdian kepada masyarakat dan berkumpul untuk mendapat haji mabrur.

 

Terkait

"Haji mabrur adalah tujuan kita semua, dan ciri-ciri yang menjadi haji mabrur adalah selalu menjaga kedamaian di manapun kehidupannya, baik di keluarga dan masyarakat, dan dalam kehidupan selalu santun kepada diri sendiri, keluarga dan seluruh masyarakat," kata JK dalam pidatonya pada Puncak Harlah IPHI ke-32, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

JK menyampaikan ciri-ciri haji mabrur yang lainnya adalah kepedulian sosialnya tinggi, dan suka saling membantu.

Ia menerangkan, melaksanakan haji dalam rukun Islam syaratnya mampu. Berarti secara ekonomi semua haji itu harus mampu, mampu untuk berangkat haji tapi bukan sekedar naik haji.

Sebab haji yang mabrur tercermin dalam kepedulian sosialnya. Suka memberi bantuan kepada anak yatim dan piatu serta kepada masyarakat. "Itu sifat-sifat haji mabrur seperti itu, yang paling penting menghindari maksiat," ujar JK.

JK mengatakan, mungkin dirinya orang Indonesia yang paling tua dalam hal haji. JK bercerita pertama kali berhaji pada tahun 1947 saat masih kecil, tepatnya masih berumur lima tahun. JK bersama dengan keluarganya menunaikan ibadah haji sekitar 75 tahun yang lalu.

"Mungkin di Indonesia tidak ada yang pernah naik haji 75 tahun yang lalu, walaupun sunnah tapi telah melaksanakan ibadah haji 9 kali," kata JK.