Pelajar Perempuan Afghanistan Kecewa Kembali Dilarang Bersekolah

Rabu , 23 Mar 2022, 16:16 WIB Reporter :Rizky Jaramaya/Reuters/ Redaktur : Agung Sasongko
Pelajar putri Afghanistan
Pelajar putri Afghanistan

IHRAM.CO.ID, KABUL -- Taliban kembali melarang anak perempuan Afghanistan kembali ke sekolah. Dalam pengumuman yang disampaikan, sekolah untuk anak perempuan akan tetap ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

 

Terkait

Guru dan siswa dari tiga sekolah menengah di sekitar ibu kota Kabul mengatakan, para pelajar perempuan telah kembali ke sekolah dengan gembira pada Rabu pagi. Tetapi mereka diperintahkan untuk pulang. Sebagaian besar siswi menangis saat diminta kembali ke rumah.

Baca Juga

"Kami semua kecewa dan kami semua benar-benar putus asa ketika kepala sekolah memberi tahu kami, dia juga menangis," kata seorang siswi, yang tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

Ketika memerintah Afghanistann pada periode 1996-2001, Taliban melarang perempuan mengakses pendidikan dan pekerjaan.  Komunitas internasional telah menjadikan pendidikan anak perempuan sebagai tuntutan utama untuk pengakuan masa depan kepemimpinan Taliban, yang mengambil alih Afghanistan pada Agustus tahun lalu.

Pekan lalu, Kementerian Pendidikan Afghanistan di bawah kepemimpinan Taliban mengumumkan bahwa, sekolah untuk semua siswa, termasuk anak perempuan akan dibuka di seluruh negeri pada Rabu. Sejak Taliban berkuasa, anak perempuan usia sekolah menengah dilarang kembali ke kelas.