Rabu 27 Apr 2022 03:30 WIB

Kemitraan Strategis Ingin Jadikan Arab Saudi Tujuan Global Teratas

Kemitraan Strategis Ingin Jadikan Saudi Arab Tujuan Global Teratas

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kemitraan Strategis Ingin Jadikan Arab Saudi Tujuan Global Teratas. Foto: Bendera Arab Saudi.
Foto: Eurosport
Kemitraan Strategis Ingin Jadikan Arab Saudi Tujuan Global Teratas. Foto: Bendera Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi sekarang mempercepat langkah-langkah untuk merampingkan jaringan konektivitas udaranya, membuatnya lebih cepat dan lebih murah untuk pendatang mengunjungi Kerajaan.

Perjanjian yang baru-baru ini ditandatangani antara Otoritas Pariwisata Saudi (STA) dan salah satu operator komersial terbesar di dunia, Emirates, berjanji untuk meningkatkan jumlah pelancong internasional yang memilih untuk berlibur di Kerajaan. Sebuah nota kesepahaman, yang ditandatangani oleh kedua organisasi pada Februari, diharapkan dapat menambah dorongan lebih lanjut untuk proyek infrastruktur pariwisata Saudi.

Baca Juga

Mulai dari resor ski Trojena NEOM yang futuristik hingga jalur warisan AlUla dan kota hiburan Qiddiya di Riyadh.

“(Arab Saudi) salah satu pasar terpenting kami di kawasan ini. Arab Saudi sedang mengalami transformasi besar, yang mencakup proyek-proyek unik yang akan membantu memposisikannya sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik di dunia, dan membantu menceritakan kisahnya kepada dunia,” kata Wakil presiden senior Emirates untuk operasi komersial di Teluk, Timur Tengah dan Asia Tengah, Adil Al-Ghaith, dilansir dari laman Arab News pada Selasa (26/4).

“Kami sudah melihat minat di antara para pelancong yang ingin merasakan pemandangan spektakuler Kerajaan, laut dan medan yang sangat beragam, serta budaya dan sejarah yang kaya,” lanjutnya.

Sebagai bagian dari MoU, STA dan Emirates akan bekerja sama untuk mempromosikan atraksi utama Kerajaan. Ini dengan tujuan menjadikan Arab Saudi sebagai pasar utama dalam jaringan globalnya yang mencakup hampir 130 rute.

Para mitra juga akan berbagi wawasan data tentang tren wisatawan dan perilaku pemesanan. Al-Ghaith mengatakan, ini akan memungkinkan STA menyesuaikan strategi untuk memasarkan destinasi secara efektif di kantong-kantong utama di seluruh dunia.

Adapun maskapai yang berbasis di Dubai ini sudah menjalankan 53 penerbangan per minggu ke empat gerbang Saudi, yaitu Riyadh, Jeddah, Dammam, dan Madinah. Dengan menggunakan jaringan konektivitas udaranya yang luas, Emirates akan meningkatkan pariwisata masuk di Arab Saudi dengan memanfaatkan segmen pasar pelancong baru yang sebelumnya kurang terlayani.

“Memorandum tersebut akan memungkinkan kami menjangkau lebih dari 120 destinasi di seluruh dunia dan menarik wisatawan dari destinasi tersebut ke berbagai destinasi Saudi,” kata CEO dan anggota dewan Otoritas Pariwisata Saudi, Fahd Hamidaddin.

Sementara pakar pariwisata dan CEO Zamzam.com, Omar Akbar, percaya kesepakatan STA-Emirates akan membantu membuka jalan bagi kemitraan penting untuk mencapai tujuan dan aspirasi ekosistem pariwisata Saudi , yang selaras dengan Visi 2030. Agenda reformasi Visi 2030 diluncurkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada 2017 untuk mendiversifikasi ekonomi Kerajaan dari minyak dengan memperkuat sejumlah industri lain, termasuk pariwisata.

Secara historis, sebagian besar pendapatan Arab Saudi dalam hal ini berasal dari wisata religi.  Hampir 20 persen dari Produk domestik bruto (PDB) Kerajaan dari sumber non-minyak pada 2019. Itu berjumlah sekitar l 12 miliar dolar berasal dari peziarah haji dan umrah ke tempat-tempat suci di Makkah dan Madinah.

Industri perjalanan, termasuk biro-biro yang khusus melayani wisatawan religi, sangat terpukul dengan pembatasan pergerakan yang diberlakukan pemerintah pada 2020-21 akibat pandemi Covid-19. Sekarang, dengan pelonggaran pembatasan, pasar tampaknya membaik

“Saya sangat yakin sektor ini akan membuat lalu lintas kembali normal dalam waktu singkat,” kata Akbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement