Rabu 27 Apr 2022 06:32 WIB

Donor Darah di Qatar Meningkat Selama Ramadhan

Kampanye donor darah Ramadhan tahunan telah berkontribusi pada peningkatan pendonor.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Doha Qatar.
Foto:

Bagi umat Muslim yang menjalankan puasa, disarankan menunggu sampai waktu berbuka puasa untuk berdonasi. Namun bagi yang tidak berpuasa, bisa berdonasi antara pukul 07.00 hingga 13.00 di tempat yang telah disediakan.
 
Saat ini kampanye pengumpulan darah keliling diadakan setiap hari di lokasi yang berbeda. Di sisi lain, ini ada dua Pusat Donor Darah, satu di Bayt Al Dhiyafah dan yang lainnya di Pusat Spesialis Bedah.
 
Pusat Donor Darah di Bayt Al Dhiyafah di Medical City buka dari Ahad hingga Kamis pukul 08.00 hingga 13.00 dan pukul 18.00 hingga 23.30. Sementara pada hari Sabtu dibuka pukul 19.00 hingga 23.30 waktu setempat.
 
Pusat Donor Darah Satelit (berlawanan dengan Pusat Spesialis Bedah) buka dari Ahad hingga Kamis antara pukul 18:00 hingga 23:30 dan mulai pukul 19:00 hingga 23:30 pada hari Sabtu.
 
Unit pengumpulan donor darah di Bayt Al Diyafah untuk donor darah lengkap pria, Pusat Donor Darah Baru yang berseberangan dengan Spesialis Bedah didedikasikan untuk donor darah lengkap wanita dan donor Apheresis Trombosit pria.
 
Dr. Salim menekankan HMC selalu mengutamakan keselamatan pendonor darah dan praktik pengendalian infeksi yang ada. Pihaknya menggunakan peralatan berteknologi tinggi yang menjaga kualitas keamanan terbaik, untuk memastikan pemrosesan darah aman dan sesuai dengan standar internasional.

 

Untuk dapat mendonorkan darah, pendonor harus dalam keadaan sehat, dewasa tidak kurang dari 17 tahun, tidak memiliki penyakit kronis yang berarti atau infeksi sebelumnya. Tak hanya itu, berat badan pendonor tidak boleh kurang dari 50kg dan kadar hemoglobin tidak kurang dari 13g untuk pria  dan 12,5g untuk perempuan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement