Persiapan Malam ke-27, Buat Masjidil Haram Tempat Paling Steril

Kamis , 28 Apr 2022, 15:09 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Persiapan Malam ke-27, Buat Masjidil Haram Tempat Paling Steril. Foto:  Robot membantu mendesinfeksi dan mensterilkan Masjidil Haram setiap saat.
Persiapan Malam ke-27, Buat Masjidil Haram Tempat Paling Steril. Foto: Robot membantu mendesinfeksi dan mensterilkan Masjidil Haram setiap saat.

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Persiapan Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci untuk malam ke-27 Ramadhan telah membuat Masjidil Haram di Makkah menjadi tempat paling steril di dunia.

 

Terkait

Dilansir dari laman Saudi Gazette pada Kamis (28/4/2022), di antara persiapan tersebut, Kepresidenan telah menyediakan 11 robot untuk sterilisasi, desinfeksi dan pengendalian epidemi di dalam Masjidil Haram.

Baca Juga

Badan Layanan dan Urusan Lapangan mengatakan bahwa penyediaan robot-robot ini merupakan bagian dari paket layanan yang diberikan oleh Kepresidenan. Hal ini dalam rangka persiapan untuk menerima jamaah untuk melakukan shalat Tarawih pada malam 27 bulan Ramadhan yang diberkati.

Lebih dari 70 satgas disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram. Di samping itu juga ada partisipasi 700 pekerja dan lebih dari 100 pengawas yang bekerja sepanjang waktu dalam mensterilkan seluruh bagian Masjidil Haram dan halaman luar serta toiletnya.

Badan tersebut menekankan bahwa robot beroperasi dengan sistem kontrol otomatis yang diprogram pada pra-peta, selain memiliki enam tingkat, yang meningkatkan keamanan atmosfer lingkungan yang sehat. Selain itu juga secara cerdas menganalisis persyaratan sterilisasi.

Adapun robot-robot yang disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram Makkah ini sebelumnya telah memperoleh paten SLAM. Selain itu juga dibedakan dengan fakta bahwa satu robot dapat bekerja selama 5-8 jam tanpa membutuhkan intervensi manusia. 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini