Otoritas Masjidil Haram Respons 800 Ribu Pertanyaan Seputar Umroh 

Ahad , 22 May 2022, 07:38 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa.
Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi secara resmi memperkenalkan robot pemandu untuk membantu jamaah dan menjawab pertanyaan mereka dalam 11 bahasa.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH—Sebanyak 800 ribu jamaah umroh dan pengunjung diklaim telah mendapatkan manfaat dari program tanya jawab yang diawasi Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, yang diwakili oleh Administrasi Umum Urusan Bimbingan.

 

Terkait

Dari fasilitas itu, tercatat hampir 600 ribu pertanyaan disampaikan melalui panggilan telepon sejak awal 2022. Badan tersebut menyediakan program untuk mentransmisikan fatwa yang disetujui (yurisprudensi), mengoreksi beberapa ritual, dan membimbing pengunjung Masjidil Haram dalam hal melakukan umrah, prosedur, dan persyaratannya. 

Baca Juga

Ini didukung oleh 26 ulama yang berpartisipasi dan beberapa hakim dan profesor universitas yang berspesialisasi dalam ilmu Syariah yang sangat mumpuni dalam mengeluarkan fatwa. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Sabtu (21/5/2022), otoritas terkait juga telah mengalokasikan 10 stasiun panggilan di Masjidil Haram dalam 10 bahasa serta empat kantor yang beroperasi sepanjang waktu. Dengan ini, para jamaah umroh dan pengunjung bisa mendapatkan keuntungan, di samping layanan robot yang juga telah dimanfaatkan sekitar 60 ribu warga.   

Seperti diketahui, otoritas tersebut juga menyediakan robot yang menjawab pertanyaan jamaah seputar ibadah. Ini dirancang untuk memberikan nasihat kepada para peziarah, termasuk memberikan fatwa tentang masalah hukum dalam melakukan umrah.  

Robot ini mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab, Inggris, dan Urdu dan terletak di halaman Masjidil Haram, dekat Gerbang Raja Abdulaziz. 

Wakil Presiden untuk urusan bimbingan jamaah, Syekh Badr bin Abdullah Al-Furaih mengatakan, robot itu biasanya ditanyai antara 100 hingga 150 pertanyaan setiap hari mengenai ritual umroh selama Ramadhan.  Mayoritas orang yang berinteraksi dengan robot itu adalah orang Saudi, Suriah, Pakistan, atau India, tambahnya. 

Robot ini dapat mengakses informasi dari berbagai buku, serta saran yang diberikan oleh para sarjana dari seluruh dunia Arab. Robot Bimbingan ini juga memiliki layar sentuh 21 inci dan dilengkapi dengan empat roda dan 'sistem penghentian cerdas' yang memastikan "gerakan halus dan fleksibel." 

Kamera depan dan belakang yang tersedia dj robot dengan gambar panorama lokasinya, headphone definisi tinggi, dan mikrofon.  Ini terhubung ke jaringan Wi-Fi 5GHz berkecepatan tinggi.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini