Rabu 25 May 2022 22:22 WIB

Tiga Manfaat Daun Kemangi

Nama latin kemangi adalah Ocimum basillicum

Daun kemangi
Foto: blogspot.com
Daun kemangi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nama latinnya adalah Ocimum basillicum. Tanaman kemangi sebagaimana disebutkan dalam Alquran memiliki bau daun yang harum. Tanaman ini juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi.

Kemangi telah disebutkan oleh Allah dalam Alquran yang berbunyi yang artinya, Dan biji- bijian yang berkulit dan bunga- bunga yang harum baunya. (QS ar-Rahman: 12).

Baca Juga

Ahli tafsir memiliki penda-pat yang bervariasi tentang ayat tersebut. Tapi, Al-Hasan berkata bahwa yang dimaksud dengan kata ar-raihan adalah semua tumbuhan yang baik baunya.

Berikut ini adalah manfaat kemangi:

Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Ibnu Sina berkata bahwa kemangi berguna untuk wasir atau ambeien, mabuk, dan mimisan.

Ada juga yang mengatakan bahwa bunga kemangi dapat membangkitkan semangat dan zat kemangi dapat membantu kerja percernaan. Merendam kemangi dengan air dingin dapat mencegah muntah. Jika direndam dalam air panas, tanaman ini dapat mencegah mual.

Kalau daunnya dikeringkan dan ditumbuk halus dengan baik, dapat digunakan oleh wanita-wanita penderita penyakit ayan dan penyempitan rahim. Menghirup bau kemangi dapat menghilangkan sakit kepala yang ditimbulkan oleh pilek atau flu. Hasil rendaman kemangi dapat menguatkan dan melebatkan rambut dan mencegah kerontokannya.

Bahan Makanan dan Minuman

Dunia kedokteran modern menyatakan bahwa kemangi dapat digunakan sebagai perangsang, pencerna, an- tikejang dan pilek. Kemangi juga dapat digunakan sebagi bahan minuman, makanan, dan pembersih usus. Serta, meredam sakit mual usus. Kemangi dalam makan dapat digunakan sebagai pengharum mulut.

Juga, menjadi bumbu masakan. Tanaman ini sangat nikmat jika dipotong halus dan dijadikan taburan kuah hidangan daging. Daun-daunnya digunakan sebagai campuran salad. Minyak kemangi yang menguap kekuningan dapat digunakan sebagai penyedap dan minuman.

Pewangi Kosmetik

Daun kemangi yang diremas mengeluarkan aroma harum yang dapat digunakan sebagai pewangi kosmetik dan pemikat lalat buah. Jika diolah lebih lanjut, tanaman ini akan menjadi minyak atsiri yang kaya zat kimia. Tanaman ini mudah didapatkan dan dibudi- dayakan karena mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan.Minyak ini dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena dapat meringankan dan menyegarkan tubuh.

Tapi, wanita hamil dilarang menggunakannya karena dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Minyak atsiri dapat digunakan sebagai campuran berbagai pem- buatan obat maupun perawatan tubuh, seperti sabun mandi, biang parfum, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan juga minyak aroma terapi.

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement