Alasan Umat Islam Dianjurkan Berolahraga

Kamis , 26 May 2022, 17:30 WIB Reporter :Rr Laeny Sulistywati/ Redaktur : Agung Sasongko
(Foto: ilustrasi olahraga)
(Foto: ilustrasi olahraga)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menasehati para pengikutnya untuk bekerja, bersemangat, dan memulai hari lebih wal yang semuanya merupakan syarat untuk tubuh yang sehat.

 

Terkait

Nabi bersabda:

Baca Juga

"Ya Allah, jadikanlah dini hari berkah bagi bangsaku"(HR Ahmad)

Obesitas atau diet yang tidak memadai, kemalasan, dan kelemahan adalah semua penderitaan yang harus kita pertanggungjawabkan. Meskipun mencegah penyakit atau cedera sering di luar kendali manusia, ada banyak kondisi yang diakubatkan atau diperburuk oleh kurangnya perhatian manusia terhadap diet dan kebugaran.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Segala tindakan tanpa mengingat Allah SWT adalah pengalihan atau kelalaian kecuali empat tindakan: berjalan dari sasaran ke sasaran (selama latihan memanah), melatih kuda, bermain dengan keluarga, dan belajar berenang (HR At-Tabarani).

Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya secara alami sehat jasmani.

Manfaat Berolahraga Secara Teratur

Abad ke-21 berisi banyak gangguan dan bentuk hiburan yang mendorong kemalasan dan menyebabkan kesehatan yang buruk.

Meskipun teknologi canggih memiliki banyak manfaat, penting untuk tidak membuang waktu di depan layar televisi atau game yang merugikan kesehatan. Peneliti dari Universitas Buffalo, Universitas John Hokins, dan Pusat Pengendalian Penyakit yang mengungkap telah terbukti secara meyakinkan bahwa obesitas pada anak-anak meningkat semakin banyak ketika mereka menonton televisi. Penelitian lain menunjukkan bahwa ini juga berlaku untuk orang dewasa. Olahraga di sisi lain memiliki banyak manfaat.

Latihan meningkatkan otot, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan daya tahan, memperkuat jantung dan melawan depresi. Ini juga membantu mencapai penurunan berat badan yang signifikan.

Latihan aerobik melawan penyakit jantung dan tekanan darah tinggu, dan mengurangi risiko diabetes mellitus, sementara latihan beban meningkatjan kekuatan otot dan mengurangi lemak, meningjatjan kepadatan tulang, melawan sakit punggung dan radang sendi, dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Ulama Islam terhormat Imam Ibn-uk-Qayyim menyatajan bahwa gerakan membantu tubuh membuang sisa makanan dengan cara yang sangat normal dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Baginda juga menyatakan bahwa setiap organ tubuh memiliki ilahraga atau gerakan sendiri yang cocok dan berkuda, memanah, gulat, dan balap adalah olahraga yang bermanfaat bagi seluruh tubuh. (Zad-Al-Ma'aad).

Moderasi

Latihan dan kebugaraj memainkan bagian integral dalam kehidupan seorang Muslim namun tidak boleh mengorbankan kewajiban agama, juga tidak boleh melanggar waktu yang dihabiskan dengan anggota keluarga.

Sesuai dengan pendekatan holistik terhadap kehidupan yaitu Islam, moderasi harus ada dalam segala hal dalam kehidupan. Tidak ada kelonggaran untuj perilaku ekstrem atau fanatik.

Membiarkan latihan atau olahraga mengambil alih hidup Anda bertentangan dengan ajaran Islam yang menyerukan jalan tengah dan pendekatan yang seimbang. Latihan dan kebugaran juga tidak boleh melibatkan pencampuran jenis kelamin yang tak perlu atau mengenakan pakaian yang memperlihatkan bagian tubhh yang harusnya disembunyikan.

Islam menganjurkan segaka sesuatu yang mendoring menyegarkan pikiran atau merevitalisasi tubuh asalkan tidak mengarah pada dosa, menyebabkan kerusakan, atau menghambat dan menunda kewajiban agama.

Tradisi nabi Muhammad SAW tidak diragukan lagi mendoring keterlibatan fwlam kegiatan olahraga sebagai cara untuj memprompsikan gaya hidup sehat dan mendorong cinta persaudaraan dan kebersamaan keluarga.

Imam Bukhari dalam sebuah riwayat meriwayatkan bahwa:

"Nabi melewati beberapa orang dari suku Aslam ketika mereka sedang bertanding memanah (di pasar). Dia berkata kepada mereka: tembak anak Ismail (Nabi) ayahmu adalah penembak jitu yang terampil. Tembak saya dengan ini dan itu

"Kenapa kamu tidak menembak?

Mereka menjawab, bagaimana kami bisa menembak saat Anda bersama mereka (tim lain).

Dalam tradisi lain, istri tercinta nabi Muhammad, Aisyah menyebutkan kecintaan mereka pada permainan dan olahraga. Dia berkata:

Saya berlomba dengan nabi dan saya mengalahkannya. Kemudian ketika saya menambah berat badan, kami berlomba lagi dan menang. Lalu dia berkata:ini membatalkan itu (merujuk pada ras sebelumnya) (Al Bukhari,

Seorang mukmin sejati mengakui keajaiban tubuh manusia dan bersyukur kepada sang pencipta. Pendekatan holistik Islam untuk kesehatan mencakup semua aspek, pikiran, tubuh, dan jiwa.

Orang benar-benqr sadar keaehatan memadukan diet, nutrisi, dan olahraga dengan mengingat Tuhan dan niat untuk memenuhi semua kewajiban agama mereka. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini