Hari Pancasila, Petugas Haji Gelombang 1 Diberangkatkan

Rabu , 01 Jun 2022, 08:42 WIB Reporter :Syalaby Icshan/ Redaktur : Agung Sasongko
Gelombang 1 secara resmi diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/6).
Gelombang 1 secara resmi diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/6).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Sebanyak 325 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1443/2022  Gelombang 1 secara resmi diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/6). Dirjen Penyelenggaraan Haji Kementerian Agama Hilman Latief melepas para petugas haji yang akan bertugas di Jeddah dan Madinah pada Hari Lahirnya Pancasila.

 

Terkait

Rombongan petugas gelombang pertama terdiri dari 206 petugas dari Kementerian Agama dan instansi terkait dan 119 petugas dari Kementerian Kesehatan.Sebelum pelepasan dilakukan, para petugas pun mengikuti upacara Hari Lahirnya Pancasila yang dipimpin oleh dirjen PHU. Dalam sambutannya, Hilman meminta kepada para petugas untuk melepas ego korpsnya masing-masing. Menurut dia, para petugas dituntut fokus untuk bertugas atas nama bangsa demi melayani kepentingan jamaah.

Baca Juga

Dia menjelaskan, Kementerian Agama tidak bisa menyelenggarakan kepanitiaan ibadah haji sendirian mengingat besarnya jumlah jamaah haji Indonesia. Karena itu, ujar Hilman, pihaknya mengundang berbagai kementerian, TNI/Polri, parlemen, ormas Islam, hingga akademisi untuk ikut serta dalam penyelenggaraan ibadah haji. "Saatnya melepas korps masing-masing. Semuanya harus atas nama kepentingan  jamaah,"jelas dia. 

Hilman pun menjelaskan, penyelenggaraan haji tahun ini merupakan peristiwa yang bersejarah. Terlebih, ujar dia, haji 2022 hadir dalam suasana pandemi.Hilman menegaskan, para petugas kesehatan  juga sudah menyiapkan prosedur penanganan jamaah haji dalam kondisi apapun. 

 "Tidak mudah ya. Tapi Alhamdulillah kita juga mengundang petugas-petugas yang sudah berpengalaman. Mereka akan bergabung dengan petugas yang baru,"jelas Hilman.

Hilman meminta agar petugas tetap menjaga kekompakan dalam melayani jamaah. Tak lupa, dia berpesan agar mereka menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Dia pun berharap agar para petugas menyempatkan diri untuk berolahraga demi menjaga stamina

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini