Arab Saudi Ganti Kemasan Air Zamzam dari 20 Liter ke 330 Mililiter

Selasa , 07 Jun 2022, 04:10 WIB Reporter :Ali Mansur/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi (ilustrasi). Perubahan kemasan Zamzam dari 20 liter ke 330 mililiter untuk mudahkan jamaah haji
Pabrik pengemasan botol air zamzam King Abdullah Bin Abdulaziz di Makkah, Arab Saudi (ilustrasi). Perubahan kemasan Zamzam dari 20 liter ke 330 mililiter untuk mudahkan jamaah haji

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH— Perusahaan Al-Zamazameh telah menetapkan rencana operasinya untuk musim haji tahun ini, termasuk menghentikan distribusi botol air Zamzam 20 liter kepada jamaah dan menggantinya dengan yang berkapasitas 330 ml. 

 

Terkait

Hal ini sejalan dengan Visi 2030 dan minat besar yang dibayarkan pemerintah Arab Saudi kepada para jamaah untuk membantu mereka melakukan ritual dengan mudah dan aman. 

Baca Juga

Dikutip dari Arab News pada Ahad (5/6), anggota Dewan Direksi Perusahaan, Hassan Mahmoud Abu Al-Faraj, mengatakan botol air yang lebih kecil akan lebih mudah diakses dan lebih mudah bagi peziarah. 

Kemudian bagian pertama dari rencana musim haji tahun ini termasuk mempersiapkan situs distribusi Zamzam di titik masuk utama ke Makkah, dengan dua botol dingin untuk setiap jamaah. 

Dia menambahkan, pengawas dan pekerja akan direkrut untuk mendistribusikan paket Zamzam kepada jamaah setibanya di pusat bimbingan sehingga Zamzam akan menjadi air pertama yang dikonsumsi jamaah. 

Pada program bagian kedua, perusahaan akan mendistribusikan botol Zamzam 330 ml ke akomodasi jamaah, dengan tiga botol tersedia untuk setiap jamaah setiap hari. 

Lanjut Hassan, bagian ini akan dilakukan melalui program digital yang memudahkan akses akomodasi jamaah dan menegaskan proses jamaah menerima air. Juga akan ada pusat kendali internal dan lapangan untuk menindaklanjuti dan memastikan kedatangan Zamzam setiap hari ke akomodasi jamaah hingga keberangkatan mereka. 

Menurut Hassan, dalam koordinasi dengan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, air Zamzam akan diangkut dari Kudai di Makkah ke lokasi pusat pengisian otomatis perusahaan. Zamzam dikeluarkan dari tanker air oleh pompa hisap bertekanan tinggi dalam tangki silinder yang terbuat dari besi yang dilapisi kaca. 

Sambung Hassan, tangki tersebut memiliki diameter 6 meter, tinggi 7 meter, dan kapasitas 200 meter kubik. Air melewati saringan pasir, badan silinder yang terbuat dari besi karbon dilapisi dengan beberapa lapisan epoksi bagian dalam dan luar, dengan diameter 2,6 meter dan tinggi 1,5 meter. Filter dan pompa berdaya tinggi menghilangkan kotoran yang mungkin tersangkut di Zamzam selama pemindahannya. 

Selain itu Hassan juga mengatakan pusat pengisian otomatis telah memperoleh standar kualitas, dan perusahaan juga memiliki sertifikat kualitas ISO untuk pekerjaan administrasi.

Standar kualitas, keamanan, dan spesifikasi juga diterapkan di pusat pengisian otomatis yang memproduksi botol air Zamzam berkoordinasi dengan Saudi Geological Survey.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini