Rabu 08 Jun 2022 06:37 WIB

Jamaah Haji Jangan Lupa Perbanyak Doa di Raudhah Madinah, Ini Keutamaannya 

Berdoa di kawasan Raudhah mempunyai keutamaan yang besar

KH Wazir Ali, Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Madinah PPIH Arab Saudi, menjelaskan berdoa di kawasan Raudhah mempunyai keutamaan yang besar
Foto: dok. istimewa
KH Wazir Ali, Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Madinah PPIH Arab Saudi, menjelaskan berdoa di kawasan Raudhah mempunyai keutamaan yang besar

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Jamaah calon haji yang berada di Madinah jangan sampai tidak berdoa di Raudhah, tempat di dalam Masjid Nabawi yang sangat mustajab.

"Keistimewaan Raudhah tempat yang sangat mustajab, doa yang kita panjatkan di Raudhah selalu dikabulkan dan pasti dikabulkan Allah SWT sepanjang haji kita bersih, lurus insya Allah SWT dikabulkan," kata Konsultan Bimbingan Ibadah Petugas Haji Kiai Wazir Ali di Madinah, Selasa seperti dikutip dari Media Center Haji.

Baca Juga

Raudhah adalah suatu tempat di dalam Masjid Nabawi yang letaknya ditandai dengan tiang-tiang putih, berada di antara Rumah Nabi, sekarang Makam Rasulullah SAW, sampai mimbar.

Raudah merupakan sebidang tanah yang tidak luas, dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 2 meter.

 

Kiai Wazir Ali mengatakan, Raudhah itu antara mimbar dengan rumah Rasulullah adalah taman surga.

"Rasulullah mengatakan seperti itu mungkin secara tasawuf, kalau ditarik garis lurus ke atas tempatnya surga," kata Kyai.

Hal ini karena Raudhah berada di Masjid Nabawi maka kegiatan yang dilakukan adalah sholat. Namun, bagi perempuan yang sedang menstruasi maka ditunda jika ingin mencari nilai pahala umroh menunggu hingga bersih dari menstruasi.

Kecuali jika hanya ingin berziarah terkait aspek kesejarahan, perempuan yang sedang haid tetap bisa melakukannya tapi tidak masuk ke masjid.

Perempuan yang sedang haid juga tetap bisa memanjatkan doa di Raudhah tapi tidak sholat. Raudhah adalah area di sekitar mimbar yang biasa digunakan Nabi Muhammad SAW untuk berkhutbah.

Disunahkan sholat di Raudhah baik sholat fardhu ataupun shalat sunnah. Demikian juga disunnahkan itikaf atau duduk untuk berdzikir atau membaca Alquran di sana. Karena beribadah di sana terdapat pelipat-gandaan pahala.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement