Jamaah Haji Diimbau Masuk Masjid Nabawi dengan Penuh Rasa Hormat dan Banyak Doa

Rabu , 08 Jun 2022, 12:33 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Jamaah Haji Diimbau Masuk Masjid Nabawi dengan Penuh Rasa Hormat dan Banyak Doa. Foto: Makam Nabi Muhammad SAW yang berada di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Jamaah Haji Diimbau Masuk Masjid Nabawi dengan Penuh Rasa Hormat dan Banyak Doa. Foto: Makam Nabi Muhammad SAW yang berada di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,MADINAH--Jamaah  haji disarankan bisa mengatur waktu agar bisa berdoa di tempat-tempat mustajab di Masjid Nabawi. Ada dua tempat di Masjid Nabawi yang biasa dijadikan tempat berdoa yakni Raudhah dan makam Rasulullah.

 

Terkait

Pembimbing ibadah haji (PIH) Sektor 3 Madinah Muhammad Nasril menjelaskan keutamaan dan keistimewaan ziarah ke Kota Madinah, di antaranya ziarah ke Masjid Nabawi, shalat di sana dan Ziarah ke makam Rasulullah Saw.

Baca Juga

"Saat hendak ke Masjid Nabawi, ahlan, silahkan masuk dengan penuh rasa hormat, membaca doa, mengucapkan salam sambil membaca shalawat dan memohon ampunan Allah (istighfar), kemudian ziarah ke makam Rasulullah Saw dan sahabatnya, seraya mengucapkan salam," begitu pesan Muhammad Nasril kepada Republika untuk disampaikan kepada jamaah, Rabu (8/6/2022).

photo

Pembimbing ibadah haji (PPIH) Sektor 3 Madinah Muhammad Nasril menjelaskan keutamaan dan keistimewaan ziarah ke Kota Madinah, di antaranya ziarah ke Masjid Nabawi, shalat disana dan Ziarah ke makam Rasulullah Saw, Jumat (3/6/2022). - (Republika/ali yusuf)

 

Muhammad Nasril mengatakan, Madinah, merupakan kota yang dirindukan, kota yang tenang, penuh berkah dan kelembutan serta kebaikan penduduknya. Madinah menjadi kota tujuan dan dirindukan banyak insan. 

"Sehingga kota ini menjadi tempat yang sangat istimewa dan dicintai baginda Rasulullah saw," kata Nasril.

Nasril mengatakan, dalam sebuah riwayat dijelaskan Rasulullah SAW mendoakan keberkahan untuk Madinah, kota Madinah sebagai Kota Haram, Rasulullah  menamainya dengan nama Thaibah juga Thabah (yang baik dan mulia).

Kalau memungkinkan, nantinya jamaah juga dianjurkan bisa mencapai Raudhah, taman Syurga, tempat antara mimbar dan rumah Rasulullah. 

Untuk saat ini jadwal ke Raudhah ada perubahan dengan sebelum pandemi, tinggal menyesuaikan. Jika berhasil mencapai Raudhah, jamaah dianjurkan  shalat sunah dan berdoa.

"Jika tak memungkinkan di Raudhah, jamaah bisa shalat di area manapun di Masjid Nabawi," katanya

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini