'Jamaah Haji Jangan Takut Beser'

Kamis , 09 Jun 2022, 19:18 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Ani Nursalikah
Petugas tim promosi kesehatan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sedang mempraktikkan cara membuat minuman elektrolit. Minuman elektrolit dibutuhkan jamaah untuk menghindari dehidrasi selama di Tahah Suci. Jamaah Haji Jangan Takut Beser
Petugas tim promosi kesehatan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sedang mempraktikkan cara membuat minuman elektrolit. Minuman elektrolit dibutuhkan jamaah untuk menghindari dehidrasi selama di Tahah Suci. Jamaah Haji Jangan Takut Beser

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengingatkan jamaah calon haji tidak lupa minum dan jangan takut beser (sering buang air kecil). Cuaca yang panas di Arab Saudi kelembabannya sangat rendah dan penguapan tinggi.

 

Terkait

"Pesan kami ke jamaah, minum jangan tunggu haus dan jangan takut beser karena disana kita tidak berkeringat dan tidak terasa haus," kata Budi di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga

Budi mengatakan hal tersebut karena ada jamaah haji yang takut untuk minum karena khawatir akan sering buang air kecil sehingga mengganggu waktu ibadah di Tanah Suci terutama saat di Masjidil Haram. Padahal, karena cuaca yang panas mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, jamaah akan rentan mengalami dehidrasi. 

Selain itu, kelembaban udara di Arab Saudi sangat rendah sekitar empat persen. Dia mengatakan cuaca di Indonesia berbeda dengan Arab Saudi dimana kelembaban di Indonesia sangat tinggi berbeda dengan di Tanah Suci.

Jika sudah mengalami dehidrasi akan berdampak pada kesehatan mulai dari linglung, demensia bahkan sampai gejala serius. Ia menyarankan jamaah sering minum minimal satu jam sekali satu gelas atau dua hingga tiga liter per hari.

Anggota tim promosi kesehatan (Promkes) Nugraheni Ratna Palupi menuturkan jika jamaah tidak ingin beser atau sering keluar masuk kamar mandi, maka minumnya jangan langsung ditelan. Tetapi, ditahan beberapa saat, lalu diminum sedikit demi sedikit sampai tiga kali tegukan.

"Gleg satu kali, gleg dua kali, baru yang ketiga kalinya ditelan semua," saran Nurgraheni kepada ratusan jamaah.

Nugraheni mengatkan jika minum seperti cara tersebut, maka dijamin tidak akan sering keluar masuk kamar mandi untuk buang air. Akan tetapi jika minumnya langsung ditelan apalagi ketika haus maka dijamin 10-15 menit setelah minum pasti beser.

"Maka minumnya jangan menunggu haus," katanya. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini