Ini Bahan Baku Konsumsi Jamaah yang Didatangkan dari Indonesia

Kamis , 09 Jun 2022, 13:21 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Ini Bahan Baku Konsumsi Jamaah yang Didatangkan dari Indonesia. Foto:    Tim Sanitasi and Food Security melakukan inspeksi ke tiga dapur Katering jamaah haji yaitu Al Ahmadi Katering, Makram Katering dan Uhud Kitchen Katering. Dua pengelola makanan jamaah haji yakni Bahar Harr For Katering, Al Mazroi Kitchen sudah dinspeksi hasilnya layak dan memenuhi standar.
Ini Bahan Baku Konsumsi Jamaah yang Didatangkan dari Indonesia. Foto: Tim Sanitasi and Food Security melakukan inspeksi ke tiga dapur Katering jamaah haji yaitu Al Ahmadi Katering, Makram Katering dan Uhud Kitchen Katering. Dua pengelola makanan jamaah haji yakni Bahar Harr For Katering, Al Mazroi Kitchen sudah dinspeksi hasilnya layak dan memenuhi standar.

IHRAM.CO.ID,MADINAH--Perusahaan katering di Arab Saudi yang menerima pesanan membuat makanan bagi jamaah haji harus order lebih banyak lagi bahan baku masak dari Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah menetapkan makanan yang disajikan untuk jamaah haji harus cita rasa Nusantara. 

 

Terkait

Ketua Chef Uhud Kitchen Katering Muhammad Saeful mengatakan, citra rasa nusantara ini merupakan permintaan dari Kementerian Agama tahun 2019. Untuk itu semua perusahaan katering di Arab Saudi yang menerima pesanan membuatkan makanan bagi jamaah haji rasanya harus Indonesia. 

Baca Juga

"Untuk katering-ketering Indonesia terutama Uhud dan dapur-dapur lainnya, semenjak Ibu Sri Ilham Lubis (Eks Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri) menjabat, ingin ada keserasian makanan," kata Muhammad Saeful saat berbincang dengan Republika saat menerima Tim Sanitasi and Food Security PPIH Arab Saudi bidang kesehatan, melakukan inspeksi, Selasa (7/6/2022).

Muhammad Saeful mengatakan, demi mencapai keserasian cita rasa itu, semua perusahaan katering order bahan baku masak dari Indonesia. Muhammad Saeful sebagai ketua admin group chef Indonesia di Arab Saudi yang koordinir pesanannya.

Apa saja yang bahan baku yang diorder dari Indonesia? 

"Mulai dari beras cianjur, pandan wangi, daun jeruk, salam, sereh, lengkuas itu dari Indonesia," katanya.

Saeful mengatakan, bahan baku masak yang diimpor dari Indonesia sebanyak empat kontainer. Perlu waktu tiga bulan barang-barang yang dipesan itu sampai di Arab Saudi.

"Menghitung jauhnya sampai tiga bulan," katanya.

Saeful menuturkan, empat kontainer bahan baku masak itu dibagi ke beberapa dapur katering lainnya yang sama-sama menerima orderan dari Kemenag. Jadi bahan baku sebanyak itu tidak dipakai untuk satu dapur sendiri.

"Dibagi ke empat dapur katering lainnya," katanya. 

Saeful memastikan bahan baku empat kontainer itu cukup dipakai untuk melayani konsumsi jamaah selama prosesi haji. Berapa banyak bahan yang perlu didatangkan Saeful sudah menghitungnya. 

"Cukup buat persediaan haji. Kita tahu berapa yang diperlukan," katanya.

Sementara untuk daging, ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan dipesan di Arab Saudi. Bahan-bahan ini dipesan di negara setempat demi mendapatkan kualitasnya. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini