Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah

Sabtu , 11 Jun 2022, 15:46 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah. Foto:  Pengunjung memadati gua Hira di Makkah.
Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah. Foto: Pengunjung memadati gua Hira di Makkah.

Kelima, Masjid Jin atau Masjid Al-Bai’ah

 

Terkait

Masjid Jin adalah tempat golongan jin bersumpah bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Rasulullah. Masjid ini terletak di distrik Ma’la 1 kilometer dari Masjidil Haram atau 100 meter dekat areal pekuburan kota Makkah. Meskipun lebih dikenal dengan Masjid Jin, masjid ini bernama Masjid Al-Bai’ah, yaitu tempat baiat para jin. Di sinilah Allah SWT menurunkan wahyu-Nya lewat Surat al-Jin ayat 1-2.

photo

Masjid Jin di Dahlatul Jin, Makkah, sekitar 1,5 km dari Masjid al-Haram - (Republika/Muhammad Hafil)

Keenam, Museum Haramain

Museum ini disebut juga Museum Ka’bah, yang terletak di Ummul Joud, kira-kira 10 kilometer pinggiran kota Makkah. Menyimpan benda-benda dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, seperti fosil kayu tua potongan pilar Ka’bah, kunci kayu pintu Ka’bah, pintu Ka’bah pertama yang dibuat dari kayu dan berlapis emas, ember dan kerekan untuk mengambil dari air zam-zam, tangga kuno yang pernah dipakai untuk masuk Ka’bah, bekas mimbar Rasulullah SAW, Alquran berusia ratusan tahun dengan huruf Arab yang berbeda, dan ornamen Masjidil Haram tempo dulu, serta ornamen Masjid Nabawi.

photo

Koleksi di museum Imarat Al-Haramain Asy-Syarifain, Makkah. - (ihram.co.id)

Ketujuh, Jabal Uhud

Jabal Uhud terletak kurang lebih lima kilometer dari pusat Kota Madinah. Bukit ini menjadi saksi peperangan dahsyat kaum muslimin melawan kaum Musyrikin Makkah. Di sinilah gugur para syuhada, di antaranya paman Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib. Semasa hidupnya, Rasulullah berkunjung ke bukit ini setahun sekali untuk berziarah. Tentu saja, jamaah haji pun ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah ini.

 

photo

Sejumlah jamaah menuruni Jabal Rumat dengan latar belakang Jabal Uhud sekitar lima kilo meter sebelah Utara kota Madinah, Ahad (13/8). (Republika/ Amin Madani) - (Republika/ Amin Madani)