Ahad 12 Jun 2022 14:05 WIB

Bus Shalawat Mulai Disimulasikan, Catat Lima Rutenya

Bus tersebut akan mulai beroperasi bagi jamaah asal Kloter SOC 1 dan JKG 1.

Rep: Achmad Syalaby Ichsan/ Red: Ani Nursalikah
Bus shalawat yang melayani rute dari pemondokan ke Masjidil Haram, Makkah. Bus Shalawat Mulai Disimulasikan, Catat Lima Rutenya
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Bus shalawat yang melayani rute dari pemondokan ke Masjidil Haram, Makkah. Bus Shalawat Mulai Disimulasikan, Catat Lima Rutenya

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Seiring dengan pemberangkatan jamaah haji kloter pertama dari Madinah ke Makkah, Daker Makkah PPIH Arab Saudi mulai menyiapkan transportasi bus shalawat. Bus yang akan mengantar jamaah haji dari pemondokan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat lima waktu tersebut mulai disimulasikan pada Ahad (12/6/2022) pagi.  

“Jalur-jalur yang akan dilewati itu akan salah satunya disimulasikan sehingga tahu persis jalur ini kemana dan lokasi mana yang mungkin untuk penjemputan jamaah,”ujar Kadaker Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (11/6/2022) malam. 

Baca Juga

Bus tersebut dijadwalkan mulai beroperasi untuk mengantar jamaah haji asal Kloter Solo (SOC) 1 dan Jakarta Pondok Gede (JKG) 1 melaksanakan umroh di Masjidil Haram setelah jamaah beristirahat setibanya dari Madinah pada Ahad malam. “Jamaah istirahat dulu baru nanti dilakukan pelaksanaan sholat wajib,” jelas dia. 

Berdasarkan keterangan dari Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, ada lima rute bus shalawat yang siap dioperasikan bagi jamaah haji RI. Agar jamaah bisa membedakannya, setiap rute bus dipasang stiker dengan warna berbeda. 

Rute 1 Mahbas Jin-Bab Ali dipasang stiker berwarna putih. Rute 2 Syiesyah-Syieb Amir akan mengenakan stiker berwarna biru. Stiker berwarna hijau untuk bus dengan rute 3 Raudhah-Syieb Amir. Sementara itu, Rute 4 yakni Jarwal-Syieb Amir mendapatkan stiker berwarna hitam. Rute 5 Misfalah-Jiad menggunakan stiker cokelat. 

photo
Rute bus shalawat untuk jamaah haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi di musim haji 2022. - (MCH 2022)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement