Jamaah Haji Domestik Diminta Tunggu Undian Berikutnya untuk Paket Pilihannya

Jumat , 17 Jun 2022, 10:39 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
 Otoritas Saudi mencopot stiker di tanah yang menunjukkan posisi jarak sosial, di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, pada 6 Maret 2022. Jamaah Haji Domestik Diminta Tunggu Undian Berikutnya untuk Paket Pilihannya
Otoritas Saudi mencopot stiker di tanah yang menunjukkan posisi jarak sosial, di Masjidil Haram Makkah, Arab Saudi, pada 6 Maret 2022. Jamaah Haji Domestik Diminta Tunggu Undian Berikutnya untuk Paket Pilihannya

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meminta jamaah haji dalam negeri menunggu undian elektronik (e-draw) berikutnya untuk mendapatkan paket pilihannya.

 

Terkait

Klarifikasi tersebut disampaikan saat menanggapi pertanyaan beberapa pelamar, mengenai alasan perubahan paket yang dipilih oleh mereka. Kementerian diketahui telah menerbitkan hasil undian elektronik pada Rabu (15/6/2022). Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (17/6/2022), Kementerian Haji menjelaskan alasan perubahan paket tersebut adalah karena e-draw tidak bisa memilih salah satu paket yang sebelumnya disukai pendaftar.

Baca Juga

Kementerian menyebut paket lain diusulkan melalui sistem undian. Hal tersebut untuk memberikan kesempatan pemohon memiliki pilihan menerima paket yang mereka nominasikan, atau menunggu undian berikutnya untuk memilih paket pilihan mereka.

Sebelumnya Kementerian Haji mengumumkan 297.444 warga dan penduduk Saudi telah terdaftar dalam undian elektronik untuk haji 2022. Para pelamar terdiri dari 62 persen pria dan 38 persen wanita.

Tak hanya itu, Kementerian juga mengatakan proses penyaringan dan pencalonan jamaah telah selesai. Pelamar yang memenuhi syarat untuk pelaksanaan haji akan dihubungi melalui pesan teks, untuk meninjau aplikasi dan menyelesaikan proses pendaftaran. Kementerian mengungkapkan, mereka yang tidak beruntung dalam undian elektronik akan memiliki kesempatan di undian berikutnya setelah kursi alternatif atau tambahan tersedia.

Dalam sebuah pernyataan pers, disebutkan total aplikasi atau pendaftaran yang diselesaikan melebihi 217 ribu. Angka ini didapat melalui aplikasi Eatmarna dan e-portal untuk peziarah domestik.

Pesan SMS akan dikirim ke pelamar yang memenuhi syarat untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang ditentukan, dalam rentang waktu 48 jam. Persentase pelamar tertinggi (38 persen) dimiliki oleh kelompok usia 31-40, diikuti oleh kelompok usia 21-30, yang mewakili 23 persen. Sebanyak 21 persen pelamar berusia antara 41 dan 50 tahun, 12 persen termasuk dalam kelompok usia 51-65. Paling sedikit pelamar masuk dalam kelompok usia di bawah 20 tahun.

https://saudigazette.com.sa/article/621856/SAUDI-ARABIA/Domestic-pilgrims-can-wait-till-next-e-draw-for-preferred-package-Hajj-Ministry

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini