Jamaah Haji Sulsel Antusias Ikuti Manasik di Tiruan Pesawat

Jumat , 17 Jun 2022, 12:02 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Petugas berjaga di depan Wisma Jabal Uhud di Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (28/7/2021). Jamaah Haji Sulsel Antusias Ikuti Manasik di Tiruan Pesawat
Petugas berjaga di depan Wisma Jabal Uhud di Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (28/7/2021). Jamaah Haji Sulsel Antusias Ikuti Manasik di Tiruan Pesawat

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) I asal Sulawesi Selatan (Sulsel) tiba di Asrama Haji Embarkasi Makassar, Kamis (16/6/2022) pagi. Sejumlah aktivitas dilakukan jamaah usai tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar. Salah satunya adalah pembagian biaya hidup (living cost), gelang identitas, paspor, hingga pemeriksan kesehatan.

 

Terkait

Selain aktivitas tersebut, jamaah juga melakukan bimbingan manasik. Salah satu bimbingan yang diberikan adalah tata cara penggunaan fasilitas di pesawat.

Baca Juga

Sejumlah jamaah terlihat keluar masuk ruangan mock-up atau tiruan pesawat yang memang dibuat untuk kebutuhan manasik calon jamaah haji. Salah satu jamaah haji Kloter I Rahima Jamaluddin mengapresiasi adanya tiruan pesawat terbang ini.

"Maklum kami sudah tua, jadi belum terbiasa menggunakan toiletnya, jadi ini sangat membantu," ujar dia dalam keterangan yang didapat Republika, Jumat (17/6/2022).

Hal senada juga diungkapkan Nuraeni, jamaah haji asal Rappocini, Makassar. Dirinya mengakui baru kali ini naik pesawat sehingga sangat senang bisa melihat-lihat bagian dalam pesawat.

Sementara itu, pemandu manasik Husni mengakui masih banyak jamaah yang belum menyadari pentingnya tata cara penggunaan fasilitas di dalam pesawat. Khususnya yang menjadi perhatian adalah penggunaan toiletnya.

"Tadi sudah kita umumkan ke jamaah untuk manasik tata cara penggunaan fasilitas di pesawat, tetapi yang datang sedikit," kata dia.

Kloter Pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Makassar dengan didampingi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota masing-masing. Kloter I Sulsel merupakan jamaah haji asal Kota Makassar sebanyak 209 orang, Kota Parepare 61 orang, dan jamaah haji Kabupaten Soppeng 119 orang. Kedatangan mereka di Asrama Haji disambut langsung oleh Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Khaeroni.

Kloter I Embarkasi Makassar ini akan diberangkatkan pada 17 Juni 2022 dini hari, pukul 00.30 WITA, dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Madinah, dengan pesawat GA nomor penerbangan 1101.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini