Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji

Jumat , 17 Jun 2022, 15:16 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji. Foto: dr Andi Yanti spesialis paru, PPIH Arab Saudi, mengingatkan jamaah tetap mekai masker dengan baik.
Tips Cegah Covid-19 dan Batuk bagi Jamaah Haji. Foto: dr Andi Yanti spesialis paru, PPIH Arab Saudi, mengingatkan jamaah tetap mekai masker dengan baik.

 

Terkait

Sementara, batuk menjadi masalah kesehatan yang sering dialami jamaah haji Indonesia. Gejala penyakit batuk ini mulai dari tenggorokan terasa gatal, kering, dan bahkan membuat sulit tidur sampai suara jadi hilang. 

 Bagaimana cara mencegah agar panyakit ini tidak terus berkepanjangan? dr Sukarti San Suwarno spesialis Paru memberikan sedikitnya lima tips sederhana untuk mencegah batuk yang berkelanjutan.

"Tips paling utama adalah menggunakan masker saat keluar ruangan di dalam masjid dan tempat kerumunan," kata dr Sukarti San Suwarno kepada Republika, Jumat (17/6/2022).

photo

Lima Tips Sederhana Mencegah Batuk bagi Jamaah Haji dari dr Sukarti San Suwarno spesialis Paru. - (dok. istimewa)

 

Kedua, jamaah disarankan menghindari minuman dingin. Usahakan minum makan dengan suhu ruangan atau labih baik dalam kondisi hangat. 

Ketiga, istirahat cukup sehingga kondisi daya tahan tubuh tetap terjaga. Karena dengan daya tahan tubuh yang terjaga tubuh kita mampu menjaga kondisi hemostatis tubuh. 

Sukarti San Suwarno mengatakan, jika kita kurang istirahat, maka akan merasakan pusing, sakit kepala, mata, lemah dan letih. Kondisi tersebut sangat mudah untuk terserang suatu penyakit termasuk batuk.

"Apalagi di saat perbedaan kondisi cuaca di Madinah Makkah yang jauh berbeda dengan cuaca di Tanah Air," katanya.

Keempat, makan teratur dengan kecukupan nutrisi terutama vitamin dan mineral yang bisa di dapat dari konsumsi buah dan sayur setiap hari, minimal tiga kali sehari. Makanan-makanam itu juga agar mencegah konstipasi atau susah buang air besar.

Kelima, aktifitas fisik olah raga ringan yang cukup, misal dengan senam-senam peregangan, pemanasan setiap pagi sebelum melakukan aktifitas ibadah yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan jamaah.

"Yang keenam berdoa agar selalu diberi kesehatan agar bisa menjalankan ibadah dengam khusyu," katanya.

"Demikian tips sehat bagi jamaah haji. Salam sehat, salam haji mabrur sehat dan barokah," katanya.