Alasan Haji Menjadi Perjalanan Penyembuhan Spiritual dan Sosial

Senin , 20 Jun 2022, 06:05 WIB Reporter :Amri Amrullah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Foto udara saat jamaah haji dari berbagai negara  memadati Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Foto diambil sebelum pandemi. Alasan Haji Menjadi Perjalanan Penyembuhan Spiritual dan Sosial
Foto udara saat jamaah haji dari berbagai negara memadati Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Foto diambil sebelum pandemi. Alasan Haji Menjadi Perjalanan Penyembuhan Spiritual dan Sosial

Berhenti Sejenak

 

Terkait

Haji juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi banyak peziarah untuk berhenti sejenak. Ini adalah kesempatan memikirkan hidup Anda dan mempertimbangkan atau mengevaluasi masa lalu.

Perjalanan haji juga dapat mengobati banyak sakit fisik dan penyakit, serta yang spiritual. Aktivitas fisik, seperti tawaf, sa'i, dan berdiri di Gunung Arafah, meningkatkan daya tahan fisik, dan kinerja otot. Aktivitas fisik ini menurunkan kadar glukosa darah bagi pasien diabetes. Minum cukup air dari sumur Zamzam meningkatkan sistem kemih dan membantu menyingkirkan batu kecil di saluran ureter atau ginjal.

Jadi, haji membersihkan orang dari dalam, seperti wudhu membersihkan tubuh dari luar. Haji adalah pemurnian spiritual dan fisik diri.

Selain itu, perjalanan ini membuat pikiran beristirahat dari memikirkan terlalu banyak hal dunia pada saat yang bersamaan. Dan membuat pikiran fokus hanya pada satu hal, yaitu memohon ampun kepada Allah.