Fasilitas KKHI Madinah Rutin Didisinfektasi

Senin , 20 Jun 2022, 15:05 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Tim Sanitasi and Food Security KKHI Madinah PPIH Arab Saudi bidang kesehatan, melakukan disinfektan terhadap semua kendaraan darutat (ambulan), Senin (20/6)
Tim Sanitasi and Food Security KKHI Madinah PPIH Arab Saudi bidang kesehatan, melakukan disinfektan terhadap semua kendaraan darutat (ambulan), Senin (20/6)

IHRAM.CO.ID,MADINAH—Tim Sanitasi and Food Security Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, melakukan disinfektan terhadap semua fasilitas KKHI termasuk kendaraan darurat (ambulans). Ada tujuh mobil ambulans yang dimiliki KKHI untuk mendukung layanan kesehatan daerah kerja Madinah disterilisasi.

 

Terkait

Koordinator Sanitasi dan Food Security Daker Madinah dr Eko Happy, mengatakan, selain makanan jamaah haji yang dilakukan pemantauan kebersihannya, semua fasilitas di KKHI termasuk kendaraan harus dipastikan kebersihannya. 

Baca Juga

“Maka dari itu semua fasilitas pendukung kesehatan di KKHI harus dijaga kebersihannya,” kata Eko Happy kepada Republika, Senin (20/6/2022).

Eko mengatakan, sterilisasi menggunakan cairan disinfektan, pada semua fasilitas kesehatan merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh tim Tim Sanitasi and Food Security KKHI Madinah. Kendaran sebagai pendukung layanan kesehatan, ambulan harus steril.

“Steriliasi pada mobil ambulan merupakan sebuah kegiatan rutin dilakukan,” katanya.

Eko mengatakan, timnya menjadwalkan sterilisasi pada mobil ambul tiga hari sekali. Seperti diketahui tahun ini penyelenggaraan ibadah haji masih dalam kondisi pandemi.  

“Dinsifektan ini dijadwalkan tiga hari sekali. Dan atau bila perlu karena suatu hal setelah dipakai karena terkontaminasi,” katanya.

Eko mengatakan, melakukan disinfektan pada mobil ambulan bertujuan untuk meningkatkan keamanan buat pasien dan petugas. Untuk itu semua fasilitas di KKHI Madinah termasuk kendaraan harus disterilisasi menggunakan dinsinfektan.

“Kantor KKHI kemarin sudah dikerjakan bertahap, nanti malam jam 22 direncanakan seluruh koridor didisinfektan,” katanya.

Pantauan Republika pukul 05.45 WAS, ada delapan petugas melakukan dinsinfektan, mereka terlihat lengkap menggunakan alat pelindung. Semua bagian dalam dan luar disemport oleh cairan pembasmi kuman. Eko mengatakan proses ini dilakukan pada pukul 05.30 WAS sebelum kendaraan digunakan.

“Sebelum dipakai ambulans harus bersih dan wangi,” katanya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini