Rabu 22 Jun 2022 23:05 WIB

Stoking Kompresi Bantu Kurangi Risiko Deep Vein Thrombosis Selama Penerbangan

Deep vein thrombosis tidak dapat disepelekan karena bisa berakibat fatal.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Jamaah calon haji memasuki pesawat yang akan membawanya ke Tanah Suci di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Sabtu (4/6/2022). Memakai stoking kompresi dapat membantu mencegah deep vein thrombosis selama penerbangan menuju ke Tanah Suci.
Foto:

Menurut dr Itah, salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan stoking kompresi atau kaus kaki elastik tekan. Dengan stocking pressure, metabolisme aliran darah akan lebih lancar ke bagian tubuh atas, tidak menumpuk di tungkai

"Kalau kita naik pesawat dalam kondisi statis, kurang dalam pergerakan, hanya duduk saja di kursi penumpang tanpa melakukan mobilisasi (berjalan atau melakukan peregangan dalam pesawat), dapat terjadi risiko penggumpalan darah ditungkai," ungkap dr Itah

Selain penggunaan stoking kompresi, jamaah juga disarankan untuk melakukan mobilisasi seperti senam peregangan selama penerbangan, baik ketika berangkat maupun pulang berhaji. Selain itu, jamaah juga diminta untuk mempersiapkan tubuhnya untuk siap dan sehat berhaji.

Salah satu caranya adalah segera berkonsultasi dengan dokter segera setelah mendapatkan nomor porsi atau nomor antrian keberangkatan. Dengan begitu, jika memang ada komorbid, jamaah sudah terbiasa untuk minum obat secara rutin untuk mengurangi risiko penyakit yang diderita.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement