Kamis 23 Jun 2022 16:02 WIB

Penerbangan Haji di Lima Bandara AP II Lancar

Lima bandara PT Angkasa Pura II ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Calon jamaah haji saat bersiap menaiki pesawat di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (4/6/2022).
Foto:

Melalui inisiatif Makkah Road, yang juga disebut dengan fast-track keimigrasian Arab Saudi, jamaah dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat menuju Tanah Suci. Layanan tersebut mempermudah jamaah saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah, sebelum memasuki wilayah Arab Saudi.

 “Dalam mendukung inisiatif Makkah Road dapat berjalan dengan baik, AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2. Termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” lanjut dia.

Fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2, yang memiliki kapasitas sekitar 900 - 1.000 orang sebagai tempat menunggu (area holding) jamaah, Nantinya, mereka akan menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi, guna memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road.

Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan proses pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, AP II juga menyiapkan sejumlah layanan. Di antaranya fasilitas umum yang dapat memenuhi kebutuhan jamaah haji, termasuk dua musholla sementara di area tunggu dan musholla di area boarding lounge.

Terakhir, Muhammad Awaluddin mengatakan inisiatif Makkah Road dapat diterapkan dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta. Penerapan inisiatif Makkah Road dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta menjadi bagian dari pelayanan penerbangan haji kepada jemaah. Pihaknya berharap hal ini dapat menambah kenyamanan jamaah haji khususnya terkait proses keimigrasian Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement