Rabu 29 Jun 2022 17:44 WIB

Banyak Calon Jamaah Haji Inggris Menunggu dalam Ketidakpastian untuk Berangkat

Jamaah haji Inggris telah membayar melalui portal Saudi, tapi gagal.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji memadati Jamarat saat melempar jumrah, Mina. Banyak Calon Jamaah Haji Inggris Menunggu dalam Ketidakpastian untuk Berangkat
Foto:

Beberapa mengatakan penerbangan telah berubah dengan pemberitahuan kurang dari 24 jam, pilihan hotel diturunkan tanpa pemberitahuan, dan dalam beberapa kasus, sejumlah orang ditolak di bandara. "Orang-orang berlarian menelepon bank mereka, membaca cetakan kecil, dan sungguh, ini bukan kesalahan kami," kata Farrukh.

"Kami telah membayar, kami telah melalui proses, kami telah melakukan semua yang diminta Saya bahkan sudah melakukan PCR jika seseorang mengundurkan diri besok, saya siap untuk pergi,” ujar Farrukh.

Hingga berita ini diturunkan, pihak berwenang Saudi masih belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari Sky News. Tetapi sebelumnya seorang agen Motawif telah memberi tahu sistem tersebut dirancang untuk mengatasi penipuan dan membuat haji lebih mudah diakses.

Sumber yang dekat dengan Kementerian Haji mengatakan kepada Sky News bahwa satuan tugas telah dibentuk di dalam departemen untuk menangani krisis secara khusus. Di situs webnya, Motawif mengatakan ini adalah portal pertama di sektor ini yang merevolusi proses pemesanan langsung ke konsumen. Ini merupakan skema percontohan untuk jamaah tahun ini dengan pengurangan kuota 3.500 pelancong Inggris.

"Saya tidak merasa ditipu. Saya merasa seperti tikus lab," kata Farrukh.

Pemesanan Momina Khatun berhasil, tetapi fasilitas paketnya diturunkan tanpa pemberitahuan. Ditanya apakah dia benar-benar bebas dari kekhawatiran tentang perjalanannya, Momina mengaku tidak sepenuhnya tidak khawatir, ia hanya tengah menunggu konfirmasi dari portal tersebut 

"Suami saya dan saya berbicara tadi malam dan kami memutuskan untuk pergi dengan harapan yang rendah," katanya kepada Sky News.

"Jika sesuatu yang baik terjadi maka itu hadiah. Kami hanya akan tidur di masjid atau Anda tahu, kami hanya merencanakan skenario terburuk. Itulah yang terjadi,” ungkapnya.

Dewan Haji Inggris mengatakan 90 persen peziarah Inggris berharap bisa melakukan haji tahun ini, dipengaruhi oleh Motawif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement