Diterjang Longsor, Tiga Rumah Kontrakan di Utara Sukabumi Rusak

Kamis , 30 Jun 2022, 22:46 WIB Reporter :Riga Nurul Iman/ Redaktur : Muhammad Hafil
Longsor (Ilustrasi)
Longsor (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,SUKABUMI--Bencana longsor melanda Kampung Rawasidkin RT 02 RW 07 Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (30/6/2022) sore. Dampaknya sebanya tiga rumah warga terdampak dan mengalami kerusakan.

 

Terkait

Data dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, kejadian longsor tersebut memiliki panjang 15 meter, tinggi 10 meter dan lebar 5 meter. Di mana waktu kejadian pada Kamis pukul 17.00 WIB.

Baca Juga

''Bencana longsor terjadi akibat tanah labil di Kampung Rawasidkin Kelurahan/Kecamatan Cicurug,'' ujar Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, Senin malam. Dampak bencana menyebabkan kerusakan pada tiga unit rumah kontrakan milik salah seorang warga.

Di mana rumah pertama dan kedua kontrakan diisi satu kepala keluarga yang terdiri atas lima jiwa. Rumah tersebut bagian dapur dan kamar beserta barang-barang terbawa lonsoran.

Selain itu rumah ketiga diisi satu KK yang terdiri atas 2 jiwa. Di mana bagian dapur dan barang-barangnya terbawa longsor. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa pada kejadian tersebut dan hanya menyebabkan kerugian materiil.

Menurut Sandra, warga yang terdampak bencana sebanyak 2 KK yang terdiri atas tujuh jiwa. Kini mereka untuk sementara mengungsi ke tempat lain yang lebih aman.

'' P2BK (Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan-red) Cicurug berkoordinasi dengan pemerintah Desa/Kecamatan, Koramil, Polsek, Polpp dalam penanganan bencana,'' ungkap Sandra. Selain itu BPBD memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Sandra menuturkan, kebutuhan yang mendesak yakni karung, beronjong, chainsaw dan personil untuk evakuasi barang yg terbawa longsor. Informasi terakhir barang-barang yang ada dirumah dievakuasi dan rumah sudah dikosongkan serta penghuni tiga rumah kontrakan mengungsi.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini