Sabtu 09 Jul 2022 05:35 WIB

Puncak Pelaksanaan Ibadah Haji Era Covid-19, Jamaah Emosional dan Menangis

Ini merupakan momen yang emosional. Banyak jamaah yang meneteskan air mata.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Infografis Wukuf Puncak Haji, Apa yang Dilakukan Jamaah Selama di Arafah?
Foto: Republika.co.id
Infografis Wukuf Puncak Haji, Apa yang Dilakukan Jamaah Selama di Arafah?

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Ratusan ribu jamaah haji dari seluruh dunia sudah berada Gunung Arafah. Tahap ini sudah dianggap sebagai puncak dari pelaksanaan haji.

Ini merupakan momen yang emosional. Banyak jamaah yang meneteskan air mata. Umat Islam percaya Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhir di sana. Jamaah berangkat ke Arafah sebelum fajar. Mereka mengenakan pakaian ihram. Haji merupakan ibadah wajib bagi mereka yang mampu secara fisik dan finansial untuk melakukan perjalanan.

Haji terbesar sejak Covid-19 menyerang

Selama dua tahun terakhir, pemerintah Arab Saudi tidak menyelenggarakan ibadah haji untuk jamaah internasional. Oleh karena itu, tahun ini menjadi haji tahunan terbesar sejak Covid-19 menyerang meskipun kehadiran satu juta jamaah tetap kurang dari jumlah sebelum pandemi.

 

Semua jeamaah haji yang terpilih berusia di bawah 65 tahun dan telah divaksinas penuh. Saat matahari terbenam pada Jumat, jamaah akan berbaris atau naik bus 9 kilometer ke barat ke gurun berbatu Muzdalifa.

Kemudian mereka pergi ke Mina untuk melakukan lempar jumrah. Dalam upaya menyukseskan ibadah haji tahun ini, pemerintah Saudi telah membangun jalur kereta api berkecepatan tinggi untuk mengangkut massa.

Pencegahan virus

Dikutip TRT World, Jumat (8/7/2022), jamaah masuk melalui gerbang elektronik khusus. Puluhan ribu petugas polisi dikerahkan untuk melindungi daerah itu dan mengendalikan kerumunan. Kementerian Kesehatan Arab Saudi mendesak jamaah untuk mempertimbangkan mengenakan masker agar mengekang penyebaran virus korona meskipun pemerintah sudah mencabut perintah penggunaan masker dan tindakan pencegahan virus lainnya.

Selain itu, kementerian juga menyarankan jamaah untuk minum air dan waspada terhadap cuaca panas di padang pasir yang bisa mencapai 40 derajat celsius.

Setelah pelaksanaan haji selesai, jamaah pria mencukur rambut mereka dan wanita memotong pendek rambut mereka. Umat Islam akan menandai akhir ibadah haji dengan Idul Adha atau Festival Kurban. Itu adalah hari peringatan Nabi Ibrahim mengorbankan putranya Ismail. Muslim akan menyembelih domba dan sapi lalu membagi dagingnya kepada mereka yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement