Sabtu 09 Jul 2022 18:35 WIB

Kisah Kiswah Ka'bah, Dibuat Setiap Tahun Saat Awal Haji

Pembuatan kiswah baru setiap tahun membutuhkakn ratusan kilogram sutra hitam.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam, baik menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas, selama tahap akhir persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di pabrik Kiswah di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekah di Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona sangat membatasi akses ke salah satu dari lima rukun Islam,
Foto:

Mengenakan Ka'bah

Pada subuh hari kesembilan bulan Thu-AlHija, penutup baru diambil dari pabrik ke masjid suci. Masing-masing dari empat potong kiswah baru dibawa ke puncak Ka'bah dan digantung, satu sisi pada satu waktu, di atas kiswah lama.

Saat kiswah baru dipasang, kiswah yang lama diturunkan dari bawah setelah melonggarkan jubah penyangga. Ketika kiswah baru telah terpasang sepenuhnya, potongan-potongan individu dijahit menjadi satu untuk membentuk bungkus yang lengkap.

Dari kulit ke sutra

Kiswah tidak selalu terbuat dari sutra halus. Di era pra-Islam, Adnan bin Edd, nenek moyang Nabi Muhammad adalah salah satu dari mereka yang menyediakan Ka'bah dengan kiswah.

Pada tahun-tahun setelahnya, penduduk Makkah membuat penutup dengan bahan seperti kulit, mengumpulkan uang mereka untuk membeli bahan dan membuat kiswah. Selama masa Nabi Muhammad, tirai Yaman yang disebut burdah digunakan dan sutra diperkenalkan kemudian. Warna hitam juga menggantikan warna hijau sebagai warna penutup.

Kiswah dulunya diproduksi di Mesir, tetapi pada 1927, Raja Abdulaziz memerintahkan agar produksi kiswah dilakukan di Makkah. Kiswah saat itu terbuat dari beludru hitam berkualitas baik yang didukung dengan lapisan berat.

Pada 1928 dibuka bengkel pertama pembuatan kiswah, di mana 12 alat tenun manual didatangkan dari India dan 60 teknisi spesialis dipekerjakan. Sejak saat itu hingga akhir 1950-an kiswah dibuat di Mesir atau Arab Saudi tergantung pada situasi politik. Sejak 1958 kiswah telah diproduksi di Makkah.

photo
Pekerja Saudi menyulam kaligrafi Islam, baik menggunakan benang perak murni atau benang perak berlapis emas, selama tahap akhir persiapan tirai, atau Kiswah, yang menutupi Kabah, struktur berbentuk kubus di jantung Masjidil Haram, di Pabrik Kiswah di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 6 Juli 2022. Jemaah haji berkumpul di kota suci Mekkah Arab Saudi untuk haji terbesar sejak pandemi virus corona - (APAP Photo/Amr Nabil)

 

https://www.thenationalnews.com/gulf-news/2022/06/20/how-the-kiswah-is-made-for-hajj-each-year/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement