Ahad 10 Jul 2022 21:00 WIB

Ibadah Kurban Didik Manusia Memberikan yang Terbaik

Ibadah kurban mendidik menusia untuk selalu memberikan yang terbaik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Pengurus RW membagikan daging kurban dari rumah ke rumah kepada warga di Kawasan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/7/2022). Pemerintah Kota Bandung menerapkan penggunaan plastik atau plastik organik dalam pengemasan saat pembagian daging kurban  daripada menggunakan daun atau besekan bambu untuk mencegah meluasnya siklus penyebaran virus PMK.
Foto:

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak kaum muslimin menghidupkan kembali jiwa dan semangat berbagi. Inti dari ibadah kurban adalah ruh untuk rendah hati dan ikhlas mendermakan sebagian nikmat yang dimiliki, baik berupa ilmu, tenaga, akal pikiran hingga harta, yang semuanya diberikan dengan semangat pencerahan.

“Mereka yang punya ilmu tidak arogan dengan keilmuannya dan mau berbagi ilmu dalam usaha mencerdasaan dan mencerahkan akal budi umat dan bangsa sehingga ilmu itu menyinari jiwa, akal budi, alam pikiran dan menyinari tindakan,” ucap dia dalam keterangan tertulis.

Tak hanya itu, Haedar juga menitipkan pesan kepada siapapun yang memiliki akses dalam kekayaan, kekuasaan dan jabatan publik. Hendaklah pihak tersebut menggunakan kelebihan yang dimilikinya untuk semaksimal mungkin menebar kemaslahatan pada orang banyak. 

“Kekuasaan bukan untuk kekuasaan, kekuasaan bukan untuk memupuk oligarki, kekuasaan apalagi jangan sampai disalahgunakan untuk korupsi dan segala bentuk penyimpangan kekuasaan,” lanjutnya.

Ia menyebut kekuasaan itu merupakan amanah, untuk berkhidmat baik dalam konteks membangun umat terbaik maupun bangsa yang unggul. Maka, kekuasaan yang mau berkorban adalah kekuasaan yang mampu mensejahterakan, mendamaikan, mempersatukan dan memajukan.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan akan kekuasaan yang menghindari segala bentuk penyalahgunaan wewenang, baik untuk diri sendiri, kroni, golongan, kelompok dan apapun bentuknya. Dengan demikian, amanat kekuasaan itu betul-betul dirasakan untuk umat banyak, termasuk untuk membela dan melindungi seluruh bangsa Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement