Ahad 10 Jul 2022 22:00 WIB

Wagub Ajak Masyarakat Jateng Mensyukuri Nikmat Kurban Tahun ini

Idul Adha momentum memperkuat kebersamaan.

Rep: Bowo S Pribadi/ Red: Agung Sasongko
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.
Foto:

Di Jawa Tengah, pemerintah provinsi sudah mengedarkan kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota, untuk mengawasi rumah pemotongan hewan(RPH) serta menertibkan bagaimana berlangsungnya pemotongan hewan kurban. “Kita dorong ke RPH supaya tidak ada kerumunan dan menghindari penularan Covid-19 dan PMK,” lanjutnya.

Taj Yasin meminta kepada seluruh Juru Sembelih Halal (Juleha) di Jawa Tengah untuk terjun ke masyarakat. Pemprov Jawa Tengah telah melakukan pelatihan juru sembelih halal kepada masyarakat dan takmir masjid. Saat ini ada sekitar 100 lebih Juleha dari Santri Gayeng Nusantara (SGN) yang sudah langsung terjun ke Masyarakat. 

Kepada juru sembelih yang turun di kampung- kampung juga diimbau untuk melaporkan kesehatan hewan kurban. Karena bukan hanya untuk disembelih tetapi ini juga berkaitan dengan masyarakat yang mengkonsumsi, sehingga harus halal dan higienis.

Kalau ada hewan yang sakit maka pemotongan harus ditunda karena prosesnya bisa dilakukan hingga tiga hari ke depan. “Saya juga berharap, para juru sembelih halal tersebut dapat mempraktekkan ilmunya dan sekaligus juga membagikan kepada masyarakat yang lebih luas,” tegas Taj Yasin. 

 

Usai menunaikan sholat Idul Adha, wagub juga menyerahkan sebanyak menyerahkan hewan kurban. Jumlah hewan yang diserahkan sebanyak 39 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 28 ekor kambing kepada panitia pemotongan hewan kurban MAJT.// n bowo pribadi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement