Senin 11 Jul 2022 20:00 WIB

Masjid Istiqlal Terima Penghargaan Masjid Paling Bersih dan Hijau

Masjid Istiqlal Jakarta menerima penghargaan sebagai masjid paling bersih dan hijau

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Masjid Istiqlal

Prof Nasaruddin menuturkan, Masjid Istiqlal berhasil mendapat sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) sebagai rumah ibadah dengan bangunan ramah lingkungan atau green building dari lembaga International Finance Corporation (IFC), yang merupakan anggota Bank Dunia.

Menurut Prof Nasaruddin, penghargaan itu diberikan kepada Istiqlal karena dinilai telah membantu memerangi perubahan iklim dan penurunan emisi karbon. “Kita termasuk masjid pertama emisi karbonnya yang sangat rendah. Itu ada angka-angkanya, diukur semua. Diam-diam ada yang mengukur kita ternyata,” ucapnya.

Renovasi Masjid Istilal secara signifikan mengurangi jejak karbon dengan penggunaan atap dan dinding luar hemat energi, penerangan dan ruang internal dan eksternal, smart energi meter, dan panel surya yang mencakup lebih dari 38 persen konsumsi listrik.

“Energi listrik kita saat ini menghemat 38 persen, karena kita menggunakan tenaga surya. Jadi nyala yang malam-malam itu di situ bukan PLN tapi melalui tenaga surya,” kata Prof Nasaruddin.

Selain itu, lanjut dia, air sisa wudhu juga tidak dibuang, tapi diampung dan diproses ulang di Istiqlal. Begitu juga sampah-sampah yang ada di Istiqlal juga didaur ulang untuk menghasilkan nilai ekonomi. Pembuangan terakhirnya nanti dijadikan pupuk tanaman yang berada di taman Istiqlal.

“Sampai sepiteng juga itu diproyek recycle (daur ulang), kemudian kotorannya itu menjadi gas untuk menyalakan lampu, kemudian juga dipakai masak. Anak-anak Istiqlal itu ya masaknya pakai gas,” jelas dia.

Kemudian, Prof Nasaruddin juga mengungkapkan proteksi keamanan yang dimiliki Masjid Istiqlal. Menurut dia, Istiqlal mampu mendeteksi tingkat kriminal yang ada di sekitar masjid, serta mampu mencegah insiden kebakaran.

“Jadi, Istiqlal menjadi masjid yang paling tinggi, paling bersih kemudian juga tidak ada aksiden. Selama Ramadhan tidak ada kecelakaan, karena sistem persiapannya itu ada pemadam kebakaran yang itu juga ditempatkan di dalam lingkungan masjid,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement