Call Center Kementerian Haji Saudi Terima 222 Ribu Panggilan Telepon Selama Haji

Rabu , 13 Jul 2022, 19:45 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah haji mengikuti prosesi puncak haji di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (8/7/2022). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafah untuk mengikuti prosesi haji 1443 H/2022 M yang memasuki fase puncak pada Jumat (8/7). Call Center Kementerian Haji Saudi Terima 222 Ribu Panggilan Telepon Selama Haji
Jamaah haji mengikuti prosesi puncak haji di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (8/7/2022). Jutaan umat muslim berkumpul di Padang Arafah untuk mengikuti prosesi haji 1443 H/2022 M yang memasuki fase puncak pada Jumat (8/7). Call Center Kementerian Haji Saudi Terima 222 Ribu Panggilan Telepon Selama Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Call center Kementerian Haji dan Umrah telah menerima lebih dari 222 ribu panggilan telepon sejak awal musim haji tahun ini. Telepon itu berasal dari berbagai negara dengan berbagai bahasa yang menanyakan seputar layanan haji.

 

Terkait

 

Baca Juga

Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada statistik platform digital call center, bahwa sejak awal musim haji untuk tahun ini 1443 H di bulan Dzul-Qa'dah hingga Selasa, pusat telah menanggapi banyak pertanyaan dan memberikan jawaban kepada mereka dalam beberapa bahasa.

 

“Bahasa-bahasa di mana pusat itu menanggapi pertanyaan termasuk Arab, Inggris, Prancis, Urdu, dan bahasa lainnya,” kata kementerian dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (13/7/2022). 

 

Respons telepon rata-rata melalui nomor bebas pulsa terpadu: 920002814 adalah sekitar 3.000 panggilan per hari. Kementerian mengatakan sebagian besar panggilan itu adalah pertanyaan tentang cara mendapatkan visa, mekanisme untuk mengajukan haji. 

 

Call Center ini adalah upaya yang dilakukan Kerajaan untuk melayani calon jamaah haji, selain dari memanfaatkan aplikasi Eatmarna. Adapun laporan melalui email: care@haj.cov.sa, menerima sekitar 3.600 email selama periode yang sama. Kementerian mengatakan bahwa semua email yang masuk telah ditanggapi. 

Ia juga menambahkan akun Kementerian untuk peduli penerima manfaat di platform Twitter: @MOHU_Care telah berinteraksi dengan orang-orang dan menanggapi lebih dari 1.290 tweet dan pesan selama periode terakhir.

Kementerian mengindikasikan pusat tersebut berusaha untuk memfasilitasi dan memudahkan perjalanan para peziarah dari kedatangan mereka hingga keberangkatan mereka, untuk mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030. 

Pusat tersebut mengabdikan upayanya untuk menerima pertanyaan dari para peziarah untuk membantu mereka mengatasi semua masalah. kesulitan yang mungkin mereka hadapi sebelum kedatangan mereka dari negara mereka, dan setelah kedatangan mereka di Arab Saudi, serta selama mereka tinggal untuk melakukan ritual haji. 

Perlu dicatat bahwa pusat menerima pertanyaan melalui nomor terpadu: 920002814, email: care@haj.cov.sa, dan akun perawatan penerima di platform Twitter: @MOHU_Care.

Mekanisme penanganan pertanyaan dan pengaduan di pusat dimulai dengan menerima laporan dan pertanyaan terkait jamaah haji di berbagai bidang, kemudian diteruskan ke pusat kendali, setelah itu pusat menindaklanjutinya untuk ditangani bekerja sama dengan tim pemantau kementerian. 

“Setelah tahap menangani pengaduan, pusat menutup laporan dan berkomunikasi dengan peziarah untuk memastikan semua masalah diselesaikan dengan cara yang tepat,” kata kementerian. 

Disebutkan bahwa pengaduan akan ditutup setelah penerima mengevaluasi layanan yang telah diberikan kepadanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini