Rabu 13 Jul 2022 20:45 WIB

 Enam Kloter Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air pada 15 Juli 2022

Operasional ibadah haji kini memasuki fase pemulangan jamaah haji.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Listrik Terowongan Muashim yang menjadi rute jamaah haji Indonesia untuk melontar jumrah di Jamarat  sempat korslet karena arus pendek selama setengah jam, Ahad (10/7/2022).  Matinya listrik membuat lampu dan blower terowongan mati. Listrik kembali menyala setelah mendapat penanganan dari otoritas Arab Saudi.
Foto: Republika/Achmad Syalaby Ichsan
Listrik Terowongan Muashim yang menjadi rute jamaah haji Indonesia untuk melontar jumrah di Jamarat sempat korslet karena arus pendek selama setengah jam, Ahad (10/7/2022). Matinya listrik membuat lampu dan blower terowongan mati. Listrik kembali menyala setelah mendapat penanganan dari otoritas Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sudah selesai. Seluruh jamaah haji Indonesia telah kembali ke hotel masing-masing di Makkah Al-Mukarramah. Mereka akan menjalani ibadah Thawaf Ifadhah di Masjidil Haram.

Operasional ibadah haji kini memasuki fase pemulangan jamaah haji, khususnya bagi jamaah haji yang berangkat pada gelombang pertama. Kepala Daerah Kerja Makkah, Mukhammad Khanif, mengatakan proses pemulangan jamaah haji akan mulai dilakukan pada Jumat (15/7/2022).

Baca Juga

"Ada enam kloter yang akan pulang ke Tanah Air dari Makkah Al-Mukarramah, masing-masing kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta – Bekasi (JKS 1), dan Jakarta – Pondok Gede (JKG 1), lainnya adalah kloter kedua Embarkasi Solo (SOC 2) dan Jakarta - Bekasi (JKS 2)," kata Khanif melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Rabu (13/7/2022).

Menurut Khanif, jamaah SOC 1 menjadi yang pertama diberangkatkan dari hotel mereka di Makkah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Air pada pukul 05.10 waktu Arab Saudi (WAS).

"Aturan pemberangkatan, jamaah sudah diberangkatkan delapan jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi SOC 1 dimungkinkan akan diberangkatkan pada Kamis malam Jumat," ujar Khanif.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement