Ahad 17 Jul 2022 03:05 WIB

Komisi Haji Nigeria Mulai Pulangkan 423 Jamaah Haji

Jamaah haji Nigeria pulang dengan maskapai FlyNas.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Komisi Haji Nigeria Mulai Pulangkan 423 Jamaah Haji
Foto: EPA-EFE/MIKE NELSON
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Komisi Haji Nigeria Mulai Pulangkan 423 Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Setelah sukses menyelesaikan ibadah haji tahun ini, pesawat FlyNas yang dikontrak oleh Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) siap membawa pulang jamaah haji Nigeria. Tercatat 423 jamaah haji Nigeria menjadi kelompok pertama yang diberangkatkan menuju Abuja.

Asisten direktur urusan publik NAHCON, Fatima Sanda Usara, dalam pernyataannya menyebut FlyNas berangkat Jumat (15/7/2022), sekitar pukul 08.20 pagi waktu Saudi. Penerbangan kedua di hari yang sama juga akan dilakukan oleh FlyNas.

Baca Juga

"Perlu diingat penerbangan perdana dari Nigeria ke Arab Saudi dilakukan oleh Max Air. Namun karena beberapa hal, FlyNas mendapatkan slot lebih awal dari Max Air yang dijadwalkan memulai perjalanan pulangnya hari ini," ucap dia dikutip di Blue Print, Sabtu (16/7/2022).

Max Air disebut akan mengangkut jamaah haji dari Maiduguri, negara bagian Borno. Adapun maskapai Azman tidak akan memulai perjalanan kembali hingga 20 Juli, karena penundaan yang dialami dalam perjalanan ke Arab Saudi untuk haji tahun ini.

 

Menurut Kepala Divisi Penerbangan, Engr. Goni Sanda, keberangkatan peziarah dari Tanah Suci menuju Nigeria akan sejalan dengan kedatangan mereka ke Kerajaan Saudi.

Menyusul kepulangan jamaah, Ketua NAHCON Alhaji Zikrullah Kunle Hassan disebut menyarankan Badan Kesejahteraan Jamaah untuk memastikan dokumen perjalanan jamaah telah siap. Pemeriksaan bagasi dan izin harus diselesaikan tepat waktu sebelum keberangkatan jemaah, untuk menghindari penundaan penerbangan.

“Demikian pula, juru mudi NAHCON menyarankan jamaah haji Nigeria menghindari menimbun barang-barang selundupan yang mungkin mengharuskan tas mereka dibuka, untuk mengeluarkan barang-barang selundupan tersebut," ujar Fatima Sanda. 

https://www.blueprint.ng/hajj-2022-nahcon-begins-airlift-of-423-nigerian-pilgrims/

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement