Senin 18 Jul 2022 15:09 WIB

Asosiasi Umroh Siap Layani Jamaah di Awal Muharram 1444 H

Jamaah sudah bisa umroh di awal Muharram 1444 H.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Asosiasi Umroh Siap Layani Jamaah di Awal Muharram 1444 H. Foto:  Ilustrasi Ibadah Umrah
Foto: EPA/ALI HAIDER
Asosiasi Umroh Siap Layani Jamaah di Awal Muharram 1444 H. Foto: Ilustrasi Ibadah Umrah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Asosiasi umroh sudah siap melayani calon jamaah umroh yang akan berangkat di awal tahun 1444 Hijriyah atau awal Agustus 2022. Masyarakat yang mendaftar untuk berangkat umroh juga sudah banyak.

Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi), Syam Resfiadi, mengatakan, pada 1 Muharram 1443 Hijriyah penyelenggaraan umrah sudah siap. Pada 15 Dzulhijjah 1443 Hijriyah ini pengajuan visa umroh sudah bisa dimulai.

Baca Juga

"Karena 1 sampai 15 Dzulhijjah, kontrak-kontrak dengan muassasah di Arab Saudi sudah bisa dilakukan dan diproses, apabila sudah oke, tanggal 15 Juli sudah bisa mengajukan visa untuk keberangkatan 1 Muharam atau awal Agustus," kata Syam kepada Republika, Senin (18/7/2022).

Ia menyampaikan, ada beberapa anggota Sapuhi yang sudah siap sistemnya. Sehingga mereka sudah siap berjualan paket umrah di tahun 1444 Hijriyah yang akan datang atau awal Agustus 2022.

 

"Bahkan di patuna (travel umrah) sendiri, Agustus sudah full (yang daftar umrah), masuk September sudah hampir full," ujarnya.

Syam mengatakan, banyak permintaan-permintaan yang perlu disiapkan. Untuk penerbangan menggunakan pesawat Garuda baru dimulai setelah penyelenggaraan haji selesai. Untuk Saudia Airlines, dan pesawat lainnya sudah siap semua melayani jamaah umroh.

Ia menyampaikan, mengenai biaya umroh relatif tidak ada kenaikan. Sekarang sudah banyak gedung dan hotel mulai beroperasi. Sehingga persaingan sudah mulai menggeliat.

"Dengan adanya persaingan harga bisa ditekan supaya murah, yang penting adalah bermain dengan volume, Insya Allah harga sekitar Rp 28 juta sampai Rp 33 juta untuk ekonomi, tergantung dari hotel yang digunakan, pesawat yang digunakan dan lama harinya," jelas Syam.

Di tempat lain, Anggota Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Haji, Umrah dan Wisata Halal Nusantara (Gaphura), Muharom Ahmad, menyampaikan bahwa sudah banyak masyarakat yang mendaftar umroh. Bahkan paket umrah sudah mulai dipasarkan sebelum keberangkatan jamaah haji.

"Alhamdulillah sekarang sudah banyak pendaftar umrah, setidaknya untuk tiga bulan kedepan, Agustus, September dan Oktober," kata Muharom kepada Republika, Senin (18/7/2022)

Ia mengatakan, Insya Allah anggota Gaphura akan memulai perjalanan umroh mulai dari pekan pertama bulan Muharram atau di awal Agustus 2022. Alhamdulillah sistem umroh sudah terbuka mulai dari dua pekan terakhir bulan Dzulhijjah.

"Insya Allah pada 6 Agustus 2022 sudah ada keberangkatan umrah, sudah cukup banyak juga yang mendaftar, dan kami sudah memesan tiket sampai tiga bulan ke depan yakni Agustus, September dan Oktober," ujar Muharom.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement