Jumat 22 Jul 2022 11:47 WIB

141.000 Jamaah Ramaikan Madinah Usai Puncak Haji

Madinah dikunjungi jamaah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Mobil Golf Bantu Jamaah Haji Lansia di Masjid Nabawi 
Foto: Arab News
Mobil Golf Bantu Jamaah Haji Lansia di Masjid Nabawi 

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Hampir 141.000 jamaah haji dari berbagai negara dilaporkan telah tiba di Madinah. Mereka bertolak menuju Madinah setelah melakukan ritual haji di Makkah.

Berdasarkan data statistik Kementerian Haji dan Umrah Saudi, disampaikan pusat imigrasi Madinah menerima hampir 131.000 jamaah yang tiba dengan bus.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Jumat (22/7/2022), lebih dari 7.000 melakukan perjalanan darat ke Pusat Penerimaan Peziarah Tanah. Di sisi lain, hampir 3.000 jamaah bepergian dengan kereta api berkecepatan tinggi Haramain.

Angka yang dimiliki kementerian juga mengungkapkan ribuan peziarah telah meninggalkan Madinah menuju negara masing-masing. Sementara, tercatat lebih dari 69.000 umat Muslim tetap berada di Kota Suci.

 

Selama mereka tinggal, banyak peziarah mengunjungi Pameran Internasional dan Museum Biografi Nabi dan Peradaban Islam di Madinah. Lokasi untuk tempat wisata edukasi ini terletak berdekatan dengan alun-alun selatan Masjid Nabawi.

Museum yang buka 24 jam sehari ini menawarkan pengenalan terhadap Nabi Muhammad, melalui tampilan dan layar interaktif yang tersedia dalam berbagai bahasa.  Dalam satu aula terdapat beragam artefak, termasuk barang-barang langka dan artefak kuno dari Dua Masjid Suci.

Tahun ini, Kerajaan Saudi mengizinkan hingga 1 juta orang untuk melakukan haji. Pihak berwenang menyambut jamaah haji asing untuk pertama kalinya dalam dua tahun, setelah pelonggaran pembatasan Covid-19 yang memaksa pelaksanaan haji dibatasi hanya untuk penduduk Saudi.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2127166/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement