Legislator Dorong Peningkatan Kualitas Asrama Haji Layaknya Hotel di Arab Saudi

Selasa , 02 Aug 2022, 20:44 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Wakil Komisi VIII DPR Marwan Dasopang, menilai peningkatan kualitas layanan asrama haji bagian dari perbaikan penyelenggaran haji
Wakil Komisi VIII DPR Marwan Dasopang, menilai peningkatan kualitas layanan asrama haji bagian dari perbaikan penyelenggaran haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Proses pemulangan jamaah haji Indonesia hingga saat ini masih terus berlangsung. Untuk jamaah asal Jawa Tengah, tercatat hingga Senin (1/8/2022) kemarin sudah ada 23 kloter dengan total 8.244 jamaah yang kembali ke rumah masing-masing. 

 

Terkait

Terkait pelayanan yang diterima jamaah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang, berharap kualitas asrama haji semakin membaik. Hal itu dia sampaikan Marwan saat mengunjungi Asrama Haji Donohudan, Jawa Tengah. 

Baca Juga

Kunjungan tersebut menjadi rangkaian program Reses Komisi VIII tahun 2022. Para legislator mengecek langsung beberapa program pemerintah, termasuk pelayanan Asrama Haji dan proses pemulangan jamaah haji di Asrama Haji Donohudan. 

“Kita berharap peningkatan layanan bagi jemaah haji ada perubahan dari tahun ke tahun, karena kami bisa menginterfensi anggaran dari pemerintah pusat,” kata dia dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Selasa (2/8/2022). 

Wakil Ketua Komisi VIII ini menilai layanan dan fasilitas Asrama Haji Donohudan secara umum cukup baik. Hal ini terlihat dari segi kebersihan, fasilitas yang didapatkan jamaah, serta jarak antar fasilitas seperti penginapan, aula dan ruang pemeriksaan kesehatan. 

Namun demikian, Komisi VIII DPR disebut masih menginginkan pelayanan yang lebih baik lagi. Dia berharap, ke depan pelayanan asrama haji tidak jauh berbeda dengan hotel-hotel yang ditempati jamaah di Makkah dan Madinah. 

“Komisi VIII ini berharap pengelolaan asrama haji ke depan agar ditingkatkan dan ingin mendekatkan hotel-hotel yang ditempati jamaah di Makkah dan Madinah itu, semirip itulah Asrama Haji. Yang diinginkan itu bukan Asrama Haji lagi namanya, tapi Hotel Haji,” lanjut dia. 

Dalam kunjungan tersebut Marwan juga menyampaikan perihal kenaikan biaya Masyair, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. 

Kenaikan harga masyair tahun ini sangat tinggi, yang semula dari 1.500 riyal Saudi menjadi 5.000 riyal. Hal ini pun disebut-sebut harus diantisipasi ke depannya.     

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini