Wilayah Asir Gelar Festival Anggur dan Buah Musiman

Rabu , 03 Aug 2022, 13:01 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Buah delima di pohon. Wilayah Asir Gelar Festival Anggur dan Buah Musiman
Buah delima di pohon. Wilayah Asir Gelar Festival Anggur dan Buah Musiman

IHRAM.CO.ID, ASIR -- Petani dari seluruh wilayah Asir, Arab Saudi telah berkumpul untuk memamerkan produk terbaik mereka. Selama beberapa waktu ke depan, para petani akan meramaikan Festival Anggur dan Buah Musiman edisi ketiga.

 

Terkait

Acara yang berlangsung selama empat hari ini dibuka oleh Gubernur Wilayah Asir Pangeran Turki bin Talal bin Abdulaziz. Pembukaan kegiatan ini dihadiri Kepala Mawain Center, Direktur Jenderal Cabang Regional Kementerian Lingkungan, Air, dan Pertanian, serta pengunjung lainnya.

Baca Juga

Sebanyak 35 petani disebut akan menunjukkan hasil panen mereka, mulai dari anggur, delima, persik, plum, ara, beri, serta stroberi. Festival ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mendukung petani lokal, mempromosikan wilayah tersebut sebagai pusat keunggulan pertanian, sekaligus mendorong pariwisata dan peluang ekonomi.

Dilansir di Arab News, Rabu (3/8/2022), agenda festival tahun ini bertepatan dengan Festival Musim Panas Abha, yang membawa keuntungan ekonomi yang beragam ke sebagian besar sektor. Di sisi lain, hal ini juga menawarkan berbagai investasi dan peluang kerja.

Adapun rangkaian kegiatan festival dan acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian. Mereka ingin mendorong petani Saudi untuk mempromosikan produk mereka, serta meningkatkan produksi pertanian, kualitas dan daya saing produk dan pasar Saudi.

Salah satu petani yang menjadi peserta kegiatan, Saad bin Abdullah Musalli, mengatakan pertaniannya menghasilkan beberapa varietas anggur seperti Italia, Prancis dan razqis hitam.

“Pertanian menghasilkan lebih dari 15 ton buah yang dipasarkan setiap tahun di festival anggur, pasar dan toko lokal, di samping banyak produk buah musiman lainnya seperti persik, ara, delima, pir, apel dan aprikot,” katanya.

Musalli juga menyampaikan, produk-produk tersebut mampu memberinya penghasilan yang cukup. Bahkan, hasil yang ia dapat memungkinkannya untuk menanam berbagai tanaman sepanjang tahun.

Sejauh ini, diketahui ada lebih dari 500 perkebunan anggur di wilayah Asir. Dari perkebunan yang ada, mampu memproduksi lebih dari 1.000 ton buah setiap tahun.

https://www.arabnews.com/node/2134731/saudi-arabia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini