Sebanyak 23 Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

Ahad , 14 Aug 2022, 14:31 WIB Reporter :Dadang Kurnia/ Redaktur : Muhammad Hafil
Sebanyak 23 Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci. Foto:   Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.
Sebanyak 23 Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci. Foto: Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.

IHRAM.CO.ID,SURABAYA -- Jamaah haji Embarjasi Surabaya yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) terakhir atau Kloter 38 telah tiba di tanah air pada Sabtu (13/8/2022) siang. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerangkan jumlah jamaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya berjumlah 16.835 orang. Sedangkan yang kembali ke tanah air sebanyak 16.809 orang jamaah haji.

 

Terkait

Di mana terdapat 23 jamaah haji Embarkasi Surabaya yang dinyatakan wafat di tanah suci. Selain itu, masih ada tiga jamaah haji yang saat ini sakit dan masih menjalani perawatan di Arab Saudi. Ketiganya dirawat di RSAS, yaitu jamaah haji asal Tulungagung, Pamekasan, dan Kota Surabaya.

Baca Juga

"Bagi jamaah yang wafat, kita sampaikan duka cita, kita semua ikut berbela sungkawa. Dan mereka yang sakit semoga segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT," kata Khofifah, Ahad (14/8/2022).

Khofifah menegaskan, seluruh jamaah haji Embarkasi Surabaya harus dipastikan sehat saat kembali ke kediaman masing-masing. Oleh sebab itu seluruh jamaah haji diwajibkan menjalani skrining Covid-19 sebelum kembali berkumpul dengan keluarga.

Khofifah mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah jamaah haji Embarkasi Surabaya yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan swab PCR sebanyak 42 orang. Seluruh jamaah haji yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diantar ke daerah masing-masing setelah berkordinasi dengan Puskesmas terdekat.

"Saya ingin mastikan bahwa semua yang pulang kembali ke rumah dalam kondisi sehat. Sehingga semua yang ziarah haji juga akan mendapatkan ketenangan karena memang mereka sehat dan para hujjaj yang pulang juga dalam keadaan sehat," ujarnya.

Khofifah mengajak seluruh jamaah haji untuk bersama-sama mendoakan Jawa Timur dan Indonesia agar selalu bisa menjaga persatuan dan kesatuan serta bisa menjadi negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Khofifah pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji dan memberikan pelayanan terbaik terhadao seluruh jamaah.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada tim PPIH yang sudah dilakukan dengan sangat baik lintas sektoral dan Alhamdulillah sudah pada posisi kepulangan terakhir," kata Khofifah.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini