Ahad 21 Aug 2022 22:26 WIB

Maskapai Ini Siap Dukung Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati 

Lion Air dan Garuda dukung umroh dari Bandara Kertajati.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Maskapai Ini Siap Dukung Penerbangan Umrah dari Kertajati . Foto:   Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Maskapai Ini Siap Dukung Penerbangan Umrah dari Kertajati . Foto: Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Pemerintah menargetkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Jawa Barat dapat melayani penerbanga umroh pada November 2022. Plt Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Isniartono mengatakan bebrapa maskapai akan mendukung operasional penerbangan umroh dari Bandara Kertjati. 

“Untuk Kertajati ini kemarin waktu rapat yang dipimpin langsung Pak Menhub, hadir diantaranya direksi Garuda dan Lion yang relatif mempunyai pesawat wide body,” kata Isnin kepada Republika, Ahad (21/8/2022). 

Baca Juga

Isnin menuturkan Garuda Indonesia dan Lion Air Group menyatakan dukungannya. Khususnya untuk melakukan layanan penerbangan umroh di Bandara Kertajati.

“Demikian juga rekan-rekan dari custom, immigration, dan quarantine (CIQ) serta penyelenggara perjalanan ibadah umrah juga mendukung,” tutur Isnin. 

 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan BIJB untuk melayani umroh. Rencananya bandara tersebut dapat menjadi embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022.

“Koordinasi intensif dengan Kemenag dan Pemda terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (19/8/2022). 

Budi mengharapkan pesawat umrah yang berangkat dari BIJB dapat melakukan penerbangan langsung atau direct flight ke Arab Saudi. Dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umrah dari BIJB oleh Kementerian Agama diproyeksikan potensi jemaah mencapai 40 ribu orang pada periode Januari-Mei 2023.

“Dengan adanya penerbangan umroh ini diharapkan adanya penerbangan feeder dari daerah lain seperti Kalimantan - Kertajati - Jeddah, tentu ini membuat Kertajati lebih ramai,” ungkap Budi. 

Selanjutnya, Budi menuturkan aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju bandara ini juga akan terus ditingkatkan melalui penyediaan angkutan jalan. Budi meminta dukungan pemerintah daerah untuk menggencarkan promosi pariwisata untuk menarik minat wisatawan. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement