Kamis 25 Aug 2022 16:34 WIB

Proyek Rua Al-Madinah di Dekat Masjid Nabawi Diluncurkan

Rencana induk untuk proyek Rua Al-Madinah diluncurkan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman di forum Investasi Arab Saudi
Foto: Saudi Press Agency via AP
Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman di forum Investasi Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan rencana induk untuk proyek Rua Al-Madinah pada Rabu (24/8/2022). Proyek ini merupakan pengembangan real estat multiguna besar di sebelah Timur Masjid Nabawi.

Putra mahkota yang merupakan ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan mengatakan proyek tersebut sejalan dengan Visi Saudi 2030. Proyek ini rencananya akan membantu meningkatkan kapasitas penampungan jemaah umrah menjadi 30 juta selama beberapa tahun mendatang, menurut laporan Saudi Press Agency.

Baca Juga

Dilansir dari Arab News, Rabu (24/8/2022), proyek tersebut yang akan dikembangkan oleh Rua Al-Madinah Holding Co. milik PIF akan membentang seluas 1,5 juta meter persegi, di mana 63 persennya akan menjadi ruang terbuka dan hijau. Ini juga renananya akan memiliki 47.000 kamar hotel.

Real estat juga akan dilengkapi dengan sembilan halte bus, stasiun metro, trek untuk kendaraan self-driving dan parkir bawah tanah, yang semuanya akan memberikan akses mudah ke masjid dan pengembangan perumahan dan komersial di sekitarnya.

 

Selain menyediakan sejumlah peluang kerja, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan status Madinah sebagai tujuan ziarah dan budaya islam modern, sekaligus meningkatkan kualitas hidup penduduk kota.

Rua Al-Madinah Holding mengatakan bahwa selain membantu mencapai tujuan sektor haji, umrah, dan perjalanan yang digariskan dalam Visi Saudi 2030, pengembangan tersebut akan menghidupkan kembali warisan budaya dan arsitektur kota.

Proyek ini akan menampilkan banyak monumen bersejarah yang sangat penting terkait peninggalan Nabi Muhammad dan para sahabatnya, sementara warisan unik kota suci tercermin dalam desain semua bangunan dan fasilitas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement