Senin 29 Aug 2022 22:22 WIB

Dulu Bar, Kini Jadi Tempat Dakwah Komunitas Muslim di Meksiko

Tempat ini sekarang menyediakan sejumlah layanan untuk komunitas Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Komunitas Muslim di Meksiko
Foto:

Sementara Meksiko didominasi Katolik, García mengatakan masyarakat setempat telah menerima tempat penampungan Muslim. "Mereka menghormati bahwa kita memiliki aturan tertentu cara kita berdoa, cara kita makan, cara kita hidup, katanya.

Banyak orang di tempat penampungan meninggalkan negara asal mereka karena penganiayaan politik dan perang. "Mereka tidak ingin pergi. Tetapi jika ada sesuatu yang berbahaya mereka tidak punya pilihan. Mereka harus pergi,"katanya. 

Beberapa dari mereka yang tiba di tempat penampungan trauma dengan apa yang mereka alami di negara asal mereka. Kebanyakan adalah anak-anak yang membuat mereka bahkan taku untuk keluar penampungan. Butuh waktu berbulan-bulan untuk membangun kepercayaan dengan anak-anak. Dia mengatakan beberapa dari mereka menolak untuk berbicara dan yang lain memiliki masalah kemarahan.

Tempat penampungan menyediakan kelas seni dan psikolog untuk mencoba membantu mereka mengatasinya. Pengungsi kebanyakan mengetahui tentang tempat penampungan dari informasi kerabat dan media sosial. 

García juga berbicara dengan direktur tempat penampungan lain di Meksiko untuk mengundang umat Islam datang ke rumahnya. Dia mengatakan kepada mereka untuk mengirim siapapun umat Muslim yang butuh bantuan.

"Jika Anda melihat seseorang berdoa di lantai, tidak makan daging babi, yang berhijab. Kirimkan kepada kami,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement